Penjelasan Pengamat Militer Soal Banyak Perwira Tinggi TNI Nonjob

Jum'at, 25 Januari 2019 - 18:20 WIB
Penjelasan Pengamat Militer Soal Banyak Perwira Tinggi TNI Nonjob
Penjelasan Pengamat Militer Soal Banyak Perwira Tinggi TNI Nonjob
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menyebut banyak perwira tinggi dan perwira menengah TNI tidak mendapatkan jabatan atau nonjob.

Dia pun telah melaporkan kondisi ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). “(Membicarakan dengan Presiden) masalah bagaimana banyak (perwira) yang tidak mendapatkan jabatan,” ucap Ryamizard di Kompleks Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Merespons hal ini, pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati mengatakan, soal banyaknya Perwira Tinggi TNI yang nonjob memang membutuhkan perspektif yang lebih komprehensif.

"Jabatan Perwira Tinggi pada struktur Mabes TNI dan Mabes Angkatan disusun berdasarkan kompetensi dan standar sesuai pola dan mekanisme pembinaan personel TNI," kata Susaningtyas, Jumat (25/1/2019).

(Baca juga: Menhan Sebut Banyak Perwira Tinggi TNI Nonjob)

Menurut wanita yang akrab disapa Nuning ini, jumlah Perwira Tinggi TNI yang nonjob selayaknya dapat dinilai sebagai peluang bagi kementerian dan Lembaga lainnya untuk memanfaatkan keberadaan mereka.

"Para perwira tersebut merupakan aset yang dapat dimanfaatkan untuk bertugas di luar struktur guna meningkatkan kinerja kementerian dan lembaga pada sektor tertentu," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pengalaman banyak negara juga menunjukkan bahkan para perwira militer dapat ditugaskan pada perusahaan negara dan swasta. Sehingga kata Nuning, ke depan memang tampaknya perlu menyusun jabatan nonstruktural untuk prajurit TNI.

"Agar sumber daya tidak terbuang percuma. Jabatan nonstruktural dirancang untuk akselerasi kinerja instansi pemerintah berdasarkan beberapa kriteria, seperti kepakaran yang dibutuhkan, keseimbangan beban kerja, komposisi dan adaptasi hubungan kerja dan lain sebagainya," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7750 seconds (0.1#10.140)