Jokowi Panggil Kapolri, Kepala BIN, hingga Prabowo Bahas Operasi Khusus di Papua

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:18 WIB
loading...
Jokowi Panggil Kapolri, Kepala BIN, hingga Prabowo Bahas Operasi Khusus di Papua
Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas (ratas) membahas anggaran operasi khusus di Papua. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) membahas anggaran operasi khusus di Papua. Dalam rapat tersebut, Jokowi memanggil beberapa menteri kabinet ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Bahas mengenai anggaran untuk operasi khusus di Papua," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/5/2024).

Kartika mengungkapkan, ratas tersebut dihadiri Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Bambang Ismawan, Kepala BIN Budi Gunawan, hingga Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. "Ada Menhan, Kasum TNI , ada Kepala BIN ada Kapolri," kata Kartika.



Terpisah, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa juga melaporkan mengenai percepatan pembangunan di Papua. Dirinya mengungkapkan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan segera berkantor di Papua dalam waktu dekat.

"Bappenas kan menyusun mengenai percepatan pembangunan Papua, kita kan mengadakan pendekatan kesejahteraan di sana. Jadi tadi saya melaporkan bahwa kita sudah akan mulai tahun ini dan wapres akan segera ke Papua, karena sebagai ketua dalam pelaksanaan ini," kata Suharso.



Nantinya, kata Suharso, percepatan pembangunan di Papua akan dilakukan secara bertahap. Di antaranya dengan pendekatan pendidikan hingga kesehatan.

"Kemudian apakah secara bertahap kita lakukan dari semua pendekatan kesejahteraan ini, termasuk untuk pendidikan, kesehatan dan sebagainya yang anggarannya itu sudah di insert dalam kementerian dan lembaga," kata Suharso.

"Tadi itu ingin dipastikan seperti itu, sementara untuk pendekatan keamanan itu juga diberikan perhatian secara khusus, karena untuk menjamin kedamaian di Papua," tandasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)