Mardani Ali Sera: Sastra Simbol Kemajuan Peradaban Bangsa

Selasa, 18 Agustus 2020 - 12:46 WIB
loading...
Mardani Ali Sera: Sastra Simbol Kemajuan Peradaban Bangsa
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Foto/dok PKS
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) Mardani Ali Sera mengajak masyarakat Indonesia untuk meningkatkan minat terhadap sastra.

Menurut Mardani, sastra merupakan simbol kemajuan suatu bangsa atau peradaban. Dia menyebut pembangunan Indonesia dan dunia tidak terlepas dari karya sastra. “Begitu pentingnya sastra dalam kehidupan dan peradaban manusia, termasuk Indonesia dan kemerdekaannya,” ujar anggota DPR itu dalam keterangan tertulis, Selasa (18/8/2020).

Dia menerangkan Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan Proklamasi adalah produk sastra yang mengandung kalimat yang kuat dan luar biasa. Sastra, menurut dia, menjadi alat perjuangan para founding fathers Indonesia.( )

Dengan mempelajari sastra, Mardani mengatakan para politikus akan memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap lingkungan sekitar dan kaum marjinal. “Sastra bisa menjadi ruh dan jantung pembangunan Indonesia. Dengan Sastra, politisi memiliki sensibilitas dan kepekaan terhadap sesama manusia dan alam,” tuturnya.
( )

Dalam acara diskusi dengan tema Hamka, Sastra, dan Kemerdekaan, lulusan Universitas Indonesia (UI) itu mengaku mendapatkan usulan untuk memperjuangkan pengurangan pajak buku. Hal itu untuk menggairahkan dan mendorong para penulis agar terus berkarya.

“Selain itu, ada usulan lain, yakni beasiswa dan penghargaan penulis buku untuk memacu semangat. Insya Allah usulan tersebut akan saya sampaikan kepada pihak terkait,” tutur Mardani.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2324 seconds (0.1#10.140)