BNPT-Kemenhub Jalin Kerja Sama Terkait Penanganan Terorisme

Rabu, 12 Desember 2018 - 17:35 WIB
BNPT-Kemenhub Jalin Kerja Sama Terkait Penanganan Terorisme
BNPT-Kemenhub Jalin Kerja Sama Terkait Penanganan Terorisme
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus menjalin kerja sama dengan lembaga dan kementerian dalam upaya penanggulangan terorisme. Kali ini kerja sama dilakukan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kedua pimpinan lembaga pemerintah itu melakukan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai penanggulangan terorisme sebagai bentuk pencegahan di ranah transportasi, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Menurut Kepala BNPT Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius, pencegahan tindak kejahatan terorisme perlu dilakukan, salah satunya melalu jalur transportasi.

Kemenhub, kata dia, merupakan salah satu kementerian yang menjalin kerja sama dengan BNPT. Kerja sama ini dinilai penting karena Indonesia luas dari Aceh sampai Papua yang dijangkau dengan berbagai alat transportasi, dari darat, laut, dan udara.

"Kami telah me-match dengan slogan Kemenhub tadi yang sudah disampaikan Pak Menteri soal safety, security, service, memastikan aman dari segala sesuatu karena tempat tempat seperti ini juga menjadi sasaran dan target," tutur mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini.

Menurut dia, kerja sama ini menjadi sebuah penguatan dalam menjalankan amanah undang-undang terkait penanggulangan terorisme.

"Kita mengolaborasikan SOP yang dikeluarkan terkait dengan pencegahan akan menjadi maksimal, jangan sampai terjadi (aksi terorisme-red). Kenapa? Kalau sudah terjadi, cost social-nya dan dampaknya sangat luar biasa," tuturnya.

Dia mencontohkan kasus Bom Bali yang menimbulkan dampak luar biasa. "Kita berkaca kepada peristiwa Bom Bali misalnya bagaimana dampak dan kerusakan dari peristiwa itu," lanjutnya.

Kedepan, kata Suhardi, BNPT akan terus berkomitmen menjaga bagaimana langkah langkah pencegahan bisa terlaksana semua.

"Kami juga melaksanakan perintah UU, kami selaku koordinator dari semua kementerian/lembaga dalam rangka mengindentifiksi masalah termasuk juga mencegah sesuatu, karena tidak mungkin bisa terselesaikan dalam satu kementerian saja," tuturnya.

Oleh karena itu, kata dia, Kemenhub yang memiliki jangkauan wilayah kerja yang sangat luas terkait bidangnya, sangat strategis jika kerjasama ini dibangun dengan maksimal. "Sehingga kita berkolaborasi dan maksimal dalam melaksanakan tugas pencegahan dan mengevaluasi," katanya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kerja sama ini nantinya bisa memperkuat koordinasi antar-instansi.

Menurut dia, jajarannya siap untuk saling sinergi memperkuat pengamanan transportasi . “Kami akui bahwa sektor ini sangat strategis, ada transportasi udara, laut dan darat. Perlu pengamanan," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8094 seconds (0.1#10.140)