Hidayat Nur Wahid: Israel Tidak Bisa Mengalahkan Pejuang Palestina di Jalur Gaza

Minggu, 07 April 2024 - 23:33 WIB
loading...
Hidayat Nur Wahid: Israel Tidak Bisa Mengalahkan Pejuang Palestina di Jalur Gaza
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid berorasi dalam aksi Doa untuk Gaza di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (7/4/2024). Foto/Irfan Maruf
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid berorasi dalam aksi Doa untuk Gaza di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (7/4/2024). Dalam orasinya, Hidayat menyinggung soal kemenangan Israel melawan tiga negara yani Mesir, Suriah, dan Yordania selama enam hari pada tahun 1967.

"Dulu pada tahun 1967, Israel pernah mengalahkan tiga negara hanya dalam enam hari saja, tetapi sekarang bahkan sudah masuk bulan keenam, Israel tidak bisa mengalahkan para pejuang Palestina di Jalur Gaza," kata Hidayat.

Israel tak mampu mengalahkan Palestina di Gaza karena para pejuang Gaza mendapatkan dukungan dari dunia. Bahkan, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengeluarkan Resolusi Nomor 2728.



Dalam resolusi tersebut, PBB menegaskan bahwa Isreal telah melakukan kejahatan Hak Asasi Manusia (HAM) internasional. PBB juga melarang penjualan senjata kepada Israel.

“Baru kali ini juga PBB mengeluarkan satu resolusi, yaitu melarang penjualan senjata ke Israel,” jelasnya.

Tidak hanya itu, banyak negara di bagian Afrika Selatan yang mencabut hubungan diplomatik dengan Israel. Mereka menarik Duta Besar untuk negara Israel sebagai penolakan terhadap serangan Israel ke Palestina.



“Bahkan banyak negara di Eropa dimulai dengan Spanyol, dilanjutkan dengan Denmark dan banyak negara yang lain, telah menegaskan segera memberikan pengakuan atas kemerdekaan bangsa Palestina secara sepenuhnya, pada bulan Juni yang akan datang,” ungkap Hidayat.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, PBB juga akan telah mengagendakan rapat umum untuk membahas kemerdekaan penuh kepada bangsa Palestina. Dia mendesak agar Israel mematuhi apa yang diputuskan PBB untuk kebaikan Palestina.



"Pertemuan kita pada sore ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak pernah absen untuk betul-betul melaksanakan ketentuan konstitusinya, yaitu menolak penjajahan, spesifik laginya adalah penjajahan Israel terhadap Palestina," kata Hidayat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)