Pemuda Perindo Imbau Pemudik Tak Bawa Muatan Berlebih saat Pulang Kampung

Jum'at, 05 April 2024 - 16:01 WIB
loading...
Pemuda Perindo Imbau Pemudik Tak Bawa Muatan Berlebih saat Pulang Kampung
Direktur Eksekutif Pemuda Perindo, Iqnal Shalat Sukma Wibowo memberikan keterangan kepada media di Jakarta, Jumat (5/4/2024). FOTO/MPI/ARI SANDITA
A A A
JAKARTA - Libur Lebaran 2024 banyak dimanfaatkan masyarakat mudik ke kampung halamannya. Karena itu, Pemuda Perindo mengimbau agar pemudik tak membawa muatan berlebih saat pulang kampung demi kenyamanan dan keselamatan sendiri.

"Pemudik harus dilengkapi dengan safety kendaraannya, sebelum mudik di-tes dan cek dahulu kendaraannya ke bengkel terdekat. Bawaan juga jangan berlebih," kata Direktur Eksekutif Pemuda Perindo, Iqnal Shalat Sukma Wibowo pada wartawan, Jumat (5/4/2024).

Menurutnya, masyarakat yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi diharapkan mengecek kendaraannya itu ke bengkel terdekat. Hal itu guna memastikan kendaraannya dalam kondisi baik untuk dibawa dalam perjalanan jauh.



Dengan begitu, kata dia, risiko terjadinya kecelakaan akibat teknis kendaraan bisa diminimalisir. Masyakarat yang hendak mudik pun diminta untuk melapor paling tidak ke RT/RW setempat guna mengantisipasi rumahnya mengalami hal tak diinginkan, khususnya pencurian.

"Lalu lapor ke pihak RT bahwa kita ingin mudik, hal itu untuk menjaga lingkungan. Agar rumah-rumah pun tak gampang di maling, paling tidak akan di pantau oleh RT setempat yah," tuturnya.

Iqnal menambahkan, aparat penegak hukum pun diharapkan pula bisa memberikan pelayanan dan mengayomi masyarakat dengan baik, khususnya pemudik. Caranya, dengan melakukan patroli di rumah warga yang ditinggal mudik hingga membuat posko pengamanan guna mengantisipasi hal tak diinginkan, termasuk kecelakaan yang dialami pemudik di sepanjang jalur pemudik.



"Aparat penegak hukum harus lebih rajin, di taruh di titik krusial, gampang macet, rawan kecelakaan, dan diaitu harus di bangun posko-posko agar saat terjadi apa-apa bisa selalu siap. Karena bagian dari melayani dan mengayomi masyarakat," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)