Wapres Yakin 4 Menteri Akan Berikan Gambaran Utuh Bansos dalam Sidang Sengketa Pilpres 2024

Kamis, 04 April 2024 - 17:10 WIB
loading...
Wapres Yakin 4 Menteri Akan Berikan Gambaran Utuh Bansos dalam Sidang Sengketa Pilpres 2024
Wapres Maruf Amin memberikan keterangan kepada media usai menghadiri acara di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (4/4/2024). FOTO/MPI/BINTI MUFARIDA
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres ) Ma'ruf Amin berkeyakinan empat menteri Kabinet Indonesia Maju yang dipanggil sebagai saksi dalam sidang sengketa Pilpres 2024 akan memberikan gambaran utuh mengenai kebijakan yang telah diambil. Salah satunya mengenai bantuan sosial ( bansos ).

Empat menteri yang dipanggil majelis hakim konstitusi adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Sesuai jadwal mereka akan dimintai keterangan dalam sidang, Jumat (5/4/2024) besok.

"Pertama, saya kita seperti saya pernah katakan adalah menteri-menteri yang diminta, itu mereka akan hadir insyaAllah akan memberikan penjelasan sesuai dengan tentu yang mereka kerjakan," kata Wapres usai menghadiri acara di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (4/4/2024).



Wapres mengatakan, penjelasan dari para menteri bisa memberikan gambaran secara utuh terkait yang sedang dipermasalahkan oleh pihak berperkara, khususnya masalah bansos yang disalurkan bertepatan pada pelaksanaan Pemilu 2024.

"Dan itu penting saya kira buat Mahkamah Konstitusi untuk memperoleh gambaran secara utuh sebenarnya apa yang mereka perlukan. Baik masalah bansos, maupun masalah-masalah yang lainnya. Saya kira menjadi lebih terang," ujar Wapres.

Wapres menegaskan tidak boleh ada intervensi dalam putusan MK nantinya, karena kewenangannya mutlak dan independen. Termasuk pemerintah, tegas Wapres, juga tidak boleh ikut campur.



"Nah harapan saya, saya kira tentu kita tidak boleh mengintervensi ya, Mahkamah Konstitusi tentu punya kewenangan mutlak dan independen untuk pemerintah tidak boleh ikut campur. Nah harapannya tentu kalau saya putusannya seperti apa, yang terbaik untuk bangsa ini. Mudah-mudahan hasilnya yang terbaik untuk bangsa ini," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)