Respons Pidato Jokowi, PDIP: Wujudkan Persatuan dengan Kedepankan Toleransi

Minggu, 16 Agustus 2020 - 18:32 WIB
loading...
Respons Pidato Jokowi, PDIP: Wujudkan Persatuan dengan Kedepankan Toleransi
Politikus PDIP Djarot Syaiful Hidayat mendukung pernyataan Presiden Jokowi yang meminta seluruh elemen bangsa senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Politikus PDIP Djarot Syaiful Hidayat mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta seluruh elemen bangsa senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, salah satunya dengan mengedepankan toleransi dan menjaga kebhinekaan Indonesia.

(Baca juga: Pidato di MPR, Jokowi Kritik Media yang Hanya Kejar Klik dan Like)

Djarot mengatakan, pidato Presiden Jokowi disampaikan dalam momentum yang tepat. Di peringatan HUT RI ke-75 ini, Jokowi ingin mengingatkan masyarakat, agar menjaga persatuan dan kesatuan terutama dalam menghadapi masa krisis yang diakibatkan oleh pandemi.

(Baca juga: Enam Hal Ini Patut Dicermati dari Pidato Kenegaraan Jokowi)

"Konteksnya, Presiden mengingatkan kita semua agar jangan ada egoisme yang sempit yang memecah belah sesama warga bangsa. Dan sangat tepat disampaikan di depan sidang MPR untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75," kata Djarot, Minggu (16/8/2020).

Djarot mengatakan, nilai utama dalam demokrasi adalah toleransi. Sehingga setiap perbedaan pendapat harus diterima dengan bijak.

"Memang nilai utama dari demokrasi adalah toleransi, di mana perbedaan pendapat atau pilihan adalah sesuatu yang harus diterima dengan kebesaran jiwa," kata Djarot.

Karenanya, Ketua DPD PDIP Sumatera Utara ini mengimbau agar ke depan tidak ada lagi pihak yang merasa selalu paling benar. Sebab, kata Djarot, persatuan bangsa hanya dapat terwujud dengan landasan toleransi.

"Tidak boleh ada yang memaksakan kehendaknya dan merasa paling agamis, Pancasialis, dan sebagainya. Dengan toleransi itulah kita bangun rasa persatuan dan persaudaraan sesama warga bangsa Indonesia," ucap Djarot.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)