Salurkan Bantuan Masyarakat Indonesia, INH Bangun Ratusan Tenda Pengungsi di Gaza

Senin, 01 April 2024 - 14:00 WIB
loading...
Salurkan Bantuan Masyarakat Indonesia, INH Bangun Ratusan Tenda Pengungsi di Gaza
Lembaga Kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) membangun ratusan tenda bantuan dari masyarakat Indonesia untuk pengungsi Palestina di Jalur Gaza. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Lembaga Kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) membangun ratusan tenda untuk pengungsi Palestina di Jalur Gaza. Pembangunan tenda tersebut merupakan bantuan dari masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data terbaru Pusat Satelit PBB, INOSAT menyebutkan, 35% rumah di Jalur Gaza hancur sejak agresi Israel ke Jalur Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023 hingga saat ini. Jumlah tersebut terus bertambah seiring intensitas serangan yang terus meningkat.

Apalagi Amerika Serikat (AS) baru-baru ini menambah bantuan senjata untuk membantu Israel menyerang Gaza. Setidaknya 1,9 juta warga harus mencari perlindungan, meski tidak ada tempat yang aman di Jalur Gaza.



Mayoritas warga mengungsi ke Gaza bagian selatan, Khan Younis dan Rafah walau kondisi di bagian wilayah itu termasuk tidak layak huni akibat tidak adanya sanitasi yang layak. Terlebih, daerah ini juga kerap menjadi sasaran serangan udara Israel berulang kali walau mereka mengklaim rakyat sipil bisa mengungsi ke sana dan aman.

Faktanya, tidak ada tempat yang aman di area pesisir laut yang sudah diblokade lebih dari satu dekade tersebut. Di lokasi pengungsian pun, banyak rekaman video amatir menunjukan kondisi hidup warga yang seadanya, menambal tempat berlindung mereka dengan terpal, kain, plastik makanan, botol minuman, dan segara cara lainnya agar bisa memiliki atap untuk berlindung.



Hingga kini, INH terus menyalurkan berbagai kebutuhan urgen untuk rakyat Gaza sejak agresi terjadi 6 bulan lalu. Kebutuhan seperti pakaian, penghangat, selimut, kasur, makanan hangat, sayur-sayuran, bahkan voucher belanja telah disalurkan kepada rakyat Gaza korban agresi dari masyarakat Indonesia melalui tim INH di Jalur Gaza yang beroperasi secara resmi.

Pada bulan Ramadan kali ini, INH juga membangun 200 tenda pengungsian untuk warga di Mawasi, Khan Younis, selatan Gaza. Tenda ini telah meringankan beban warga Gaza yang harus meninggalkan rumah mereka dalam kondisi hancur dan entah harus mengungsi kemana.

"Setidaknya 200 keluarga bisa merasakan bukti cinta kasih masyarakat Indonesia yang terus tiada henti menyalurkan dukungan untuk mereka di kondisi darurat seperti saat ini," ujar Presiden Direktur INH Luqmanul Hakim, Senin (1/4/2024).

Semoga kemudian hari, lanjut Luqman akan ada banyak tenda lagi yang dibangun, dan bisa memberikan keringanan untuk lebih banyak keluarga di Jalur Gaza. Meski hal ini tidak sebanding dengan ujian yang mereka lalui, setidaknya bantuan ini bisa melindungi mereka dari kedinginan, hujan, dan kepanasan.

"Kami akan terus mengupayakan agar bantuan secara maksimal dapat dirasakan saudara-saudara kita di Jalur Gaza, kami juga berterima kasih kepada para donatur yang tak pernah bosan menitipkan hartanya kepada lembaga kami, Insyaallah kami akan terus maksimalkan pengiriman bantuan itu," jelasnya.

Tenda pengungsi ini nantinya akan di tempati satu tenda untuk satu keluarga. Tak hanya membangun tenda INH juga rencananya memenuhi kehidupan dasar bagi pengungsi seperti makan, air bersih siap minum dan kebutuhan pokok lainya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)