8 Jenderal dan Komjen Polisi di Lingkungan Polri, Nomor 3 dan 5 Peraih Adhi Makayasa

Senin, 01 April 2024 - 05:16 WIB
loading...
8 Jenderal dan Komjen Polisi di Lingkungan Polri, Nomor 3 dan 5 Peraih Adhi Makayasa
Sebanyak delapan Perwira Tinggi (Pati) di lingkungan Polri berpangkat Jenderal Polisi dan Komjen Polisi. FOTO/DOK.HUMAS POLRI
A A A
JAKARTA - Sebanyak delapan Perwira Tinggi (Pati) di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berpangkat Jenderal Polisi dan Komjen Polisi . Dua di antaranya merupakan peraih Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol).

Jenderal Polisi merupakan golongan pangkat tertinggi bagi Pati Polri yang disimbolkan dengan tanda bintang empat di pundak seragamnya. Penyandang pangkat ini adalah Pati Polri yang menjabat sebagai Kapolri.

Sementara Komjen Polisi merupakan pangkat setingkat di bawah Jenderal Polisi yang disimbolkan dengan tanda bintang 3. Saat ini ada 15 Pati Polri yang berpangkat Komjen Pol. Tujuh komjen bertugas di lingkungan Polri, dan sisanya bertugas di luar organisasi Polri.

8 Jenderal bintang 4 dan bintang 3 yang bertugas di Polri:

1. Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

8 Jenderal dan Komjen Polisi di Lingkungan Polri, Nomor 3 dan 5 Peraih Adhi Makayasa

FOTO/IST

Jenderal Listyo Sigit Prabowo merupakan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang sedang menjabat saat ini. Sebelum menjadi seorang Kapolri, Listyo Sigit sempat menduduki beberapa posisi penting dalam kepolisian. Kariernya beranjak ketika diangkat menjadi Kapolres Pati pada tahun 2009 silam.
Sempat dimutasi untuk bertugas di Sukoharjo sebagai Kapolres pada 2010, Listyo Sigit kemudian dipindahtugaskan untuk menjadi Wakapolrestabes Semarang di tahun yang sama. Setahun berselang, dia kembali ditunjuk sebagai Kapolres, kini untuk wilayah Surakarta.

Tak lama setelah itu, dia kembali mendapat surat pemindahan tugas untuk menjadi Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri di tahun 2012, lalu Dirreskrimum Polda Sulawesi Tenggara pada 2013. Pada tahun 2014, Listyo Sigit mendapat kepercayaan untuk menjadi Ajudan Presiden Joko Widodo sebelum akhirnya menjabat sebagai Kapolda Banten di tahun 2016.

Kariernya melejit ketika telah berpangkat Irjen di tahun 2018, kala itu dirinya tengah menjabat sebagai Kadiv Propam Polri. Hanya butuh waktu setahun bagi Listyo Sigit untuk naik pangkat menjadi Komjen, setelah ditunjuk sebagai Kabareskrim Polri di tahun 2019. Ketika menjadi Kabareskrim, dia sempat memecahkan beberapa kasus besar, salah satunya adalah penangkapan buron penyiram air keras pada Novel Baswedan.

Sampai pada puncaknya terjadi di tahun 2021, ketika Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis.

2. Komjen Pol Agus Andrianto

8 Jenderal dan Komjen Polisi di Lingkungan Polri, Nomor 3 dan 5 Peraih Adhi Makayasa

FOTO/IST

Komjen Pol Agus Andrianto diangkat menjadi Wakil Kapolri (Wakapolri) menggantikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Kenaikan jabatan Agus itu tertuang dalam surat telegram Nomor:ST/1393/VI/KEP./2023 tertanggal 24 Juni 2023 yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Jenderal polisi bintang tiga itu sebelumnya menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Komjen Agus Andrianto bertugas sebagai Kabareskrim Polri sejak 24 Fabuari 2021 menggantikan posisi Komjen Listyo Sigit Prabowo yang ditunjuk Presiden menjadi Kapolri.

Komjen Agus Andrianto merupakan pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967. Sebelumnya ia pernah menduduk jabatan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri sejak 6 Desember 2019 hingga 2021. Ia juga pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara. Agus merupakan lulusan Akpol 1989 yang memiliki segudang pengalaman di bidang reserse. Kariernya dimulai ketika dia menerima tugas di wilayah hukum Polda Sumut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)