Warning BMKG: Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Selatan Perairan Indonesia

Sabtu, 30 Maret 2024 - 11:18 WIB
loading...
Warning BMKG: Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Selatan Perairan Indonesia
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi hingga 4 meter, yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah selatan perairan Indonesia. Foto/Ilustrasi/BMKG
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi hingga 4 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah selatan perairan Indonesia hingga esok hari, 31 Maret 2024.

Selatan wilayah perairan Indonesia yang berpotensi mengalami gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2.5-4.0 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia Barat Bengkulu, Samudra Hindia Barat Lampung, Samudra Hindia Selatan Banten, Samudra Hindia Selatan Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah.

BMKG mengatakan, hal ini dipengaruhi adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan angin berkisar 6-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Tenggara-Selatan dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Kep. Sangihe, Samudra Hindia Barat Lampung, dan Samudra Hindia Selatan Banten," ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Sabtu (30/3/2024).



Selain itu, kondisi tersebut juga menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter berpeluang terjadi di perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue-Kepulauan Mentawai, perairan P Enggano, perairan Bengkulu-barat Lampung, Samudra Hindia Barat Aceh-Kep Nias, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Kemudian di perairan selatan P Jawa-P Sumba, Selat Bali-Badung-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa Timur-P Sumba, Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kep Sangihe-Kep Talaud, dan Samudra Pasifik Utara Halmahera-Biak.

BMKG mengingatkan, potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti Perahu Nelayan, Kapal Tongkang, Kapal Ferry dan Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," imbaunya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)