Korlantas Ungkap Diskon Tarif Tol untuk Ajak Masyarakat Mudik Lebih Awal

Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:40 WIB
loading...
Korlantas Ungkap Diskon Tarif Tol untuk Ajak Masyarakat Mudik Lebih Awal
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, bahwa diskon tarif tol dapat menjadi cara untuk mengajak masyarakat agar mau mudik lebih awal. Foto/Dok SINDOnews/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, bahwa diskon tarif tol dapat menjadi cara untuk mengajak masyarakat agar mau mudik lebih awal. Diketahui, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon tarif tol maksimal 20% dari harga normal pada periode tertentu, yang bertujuan untuk mendistribusikan lalu lintas (lalin) agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu yang sama.

"Jadi untuk diskon tarif tol memang dari kementerian sudah mengoordinasikan ya untuk pemotongan tarif atau diskon tarif tol, ini memang kita kan memberikan diskon itu pada hari-hari bukan hari puncak artinya untuk menarik masyarakat lebih awal (mudik)," kata Aan kepada wartawan dikutip Jumat (29/3/2024).



Selain itu, kata Aan, diskon tarif tol juga dapat memecah jadwal masyarakat, agar tidak bersamaan mudik pada Sabtu, 6 April dan Senin, 8 April 2024. "Maksudnya artinya untuk menarik masyarakat mudik lebih awal, kemudian memecah tidak semua di tanggal 6 tidak semua di tanggal 8 (mudik), itu maksudnya," ucapnya.





Aan menjelaskan, berdasarkan data, masyarakat selalu menunggu hari-hari puncak mudik. Dengan diskon tarif tol dan penerapan sistem ganjil genap (gage), diharapkan tidak ada penumpukan kendaraan pada puncak arus mudik. Masyarakat nantinya dapat mulai melakukan mudik pada Rabu, 3 April 2024.

"Mungkin nanti kalau tarif tolnya didiskon di tanggal 3 kita belum tahu, tapi itu untuk memecah hari itu ya," ucapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)