Jokowi Minta Program Dana Kelurahan Tak Dikaitkan Politik

Rabu, 24 Oktober 2018 - 15:04 WIB
Jokowi Minta Program Dana Kelurahan Tak Dikaitkan Politik
Jokowi Minta Program Dana Kelurahan Tak Dikaitkan Politik
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak tak mengkaitkan rencana pemerintah meluncurkan program dana kelurahan pada tahun 2019 dengan politik.

Jokowi menegaskan, peluncuran program dana kelurahan murni untuk memperbaiki kampung dan digunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Tapi kok ramai? Ini dana untuk rakyat kok, untuk memperbaiki kampung, kok malah jadi ramai. Ini semuanya komitmen pemerintah untuk rakyat, bukan untuk siapa-siapa," kata Jokowi pada acara pembagian sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Lapangan A. Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa, 23 Oktober 2018,

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku heran jika kebijakan dana kelurahan dihubungkan dengan politik elektoral di 2019. Padahal menurutnya kehidupan tidak semata soal politik.

"Jangan sedikit-sedikit dihubungkan dengan politik. Mohon maaf, kita ini segala hal selalu dihubungkan dengan politik. Padahal kehidupan tidak hanya politik saja, ada sosial, ada ekonomi, ada budaya. Semua ada. Kenapa semua hal selalu dihubungkan dengan politik?" katanya.

Jokowi pun mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih bijak menyikapi seluruh program yang diluncurkan pemerintah. Ia meminta masyarakat tak mudah menelan narasi miring yang menyudutkan kerja-kerja pemerintah.

"Itulah kepandaian para politikus mempengaruhi masyarakat. Hati-hati saya titip. Banyak politikus yang baik-baik, tapi banyak juga politikus yang sontoloyo. Saya ngomong apa adanya saja," kata Jokowi.

Kepala Negara meyakini masyarakat sekarang sudah semakin matang dan pintar dalam berpolitik. Namun demikian, ia tetap berpesan agar masyarakat bisa menyaring informasi-informasi dan memilah mana yang benar dan mana yang salah.

"Masyarakat sekarang saya lihat semakin pintar dan matang dalam berpolitik. Sehingga jangan sampai kita ini dipengaruhi oleh politikus yang hanya untuk kepentingan sesaat mengorbankan persatuan, persaudaraan, dan kerukunan kita," kata Jokowi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7033 seconds (0.1#10.140)