Gelar Rakor, Menko Polhukam Pastikan Keamanan Perayaan Paskah dan Idulfitri

Senin, 25 Maret 2024 - 19:20 WIB
loading...
Gelar Rakor, Menko Polhukam Pastikan Keamanan Perayaan Paskah dan Idulfitri
Menko Polhukam Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah lembaga terkait keamanan saat Perayaan Paskah dan Idulfitri. Foto/MPI/feldyy asyla utama
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah lembaga. Rakor tersebut dalam rangka pengamanan hari besar seperti Paskah dan Hari Raya Idulfitri.

"Kita telah melaksanakan rapat koordinasi intelijen terkait dengan pengamanan hari besar, Paskah dan Idulfitri," kata Hadi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Mantan Panglima TNI ini menyampaikan, rakor ini dalam rangka memberikan kepastian kepada seluruh masyarakat terkait situasi aman terjaga. Sehingga, masyarakat bisa melaksanakan kegiatan ibadah perayaan dengan aman, damai, dan khusyuk. "Oleh sebab itu ke depan kita akan melakukan pengamanan terbuka dan preventif, dikaitkan dengan kegiatan keagamaan," ujarnya.



Hadi menyampaikan TNI-Polri segera memberikan pengamanan pada Perayaan Paskah yang dimulai 28-31 Maret 2024. Mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi, dan Minggu Paskah.

"Khusus pelaksanaan-pelaksanaan memperingati Paskah juga dilaksanakan di gereja-gereja maupun di tempat-tempat terbuka, sehingga perlu dilaksanakan upaya-upaya preventif untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," tuturnya.



Termasuk juga dalam waktu yang tidak lama lagi, umat Islam akan merayakan Idulfitri. Hadi mengatakan sebagaimana tradisi yang ada, mudik tahunan juga akan menimbulkan konsentrasi massa di berbagai tempat yang menjadi pusat berkumpulnya masyarakat, seperti terminal, bandara, termasuk juga obyek vital nasional yang perlu dilakukan pengamanan.

"Maka saya sudah menyampaikan kepada Polri, dan TNI untuk proaktif melakukan langkah mitigasi yang sinergis. Dan diharapkan kondisi keamanan dan ketertiban dapat tetap terjaga, masyarakat bisa melaksanakan ibadah dengan aman, damai, dan kusuk," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7044 seconds (0.1#10.140)