Denny JA Tekankan Perlunya Spiritualitas yang Akrab dengan Alam Agar Hidup Bahagia

Sabtu, 23 Maret 2024 - 13:29 WIB
loading...
A A A
Riset menunjukkan suasana hijau, udara segar, luasnya pemandangan sangat efektif merilekskan pikiran. Denny menuturkan lebih mudah mengheningkan cipta dalam suasana outdoor, di alam yang teduh dan hangat, dibandingkan di dalam ruangan, indoor. "Hidup dekat dengan alam, akrab dengan alam, ramah dengan lingkungan hidup, menjadi esensial untuk hidup bahagia," kata dia.

Di tahun 70-an, lanjutnya, tokoh seperti James Lovelock mengembangkan filosofi hidup bernama Gaia Hypothesis atau Gaia Principle. Gerakan ini mengajak melihat bumi secara berbeda.

Bumi jangan lagi dilihat sebagai benda mati, tumpukan tanah, dan batu raksasa. Tapi bumi adalah organisme yang hidup, yang juga perlu mengatur survivalnya. "Kita, manusia, bukanlah tuan bagi bumi, apalagi kita bukan majikannya, yang kuasa menjajah bumi, mengeksploitasinya, apalagi merusaknya," paparnya.

Sebaliknya, Gaia Principle mengajak melihat bumi sebagai ibu kandung. Manusia adalah anak dari bumi, yang menyayangi bumi, yang tidak durhaka pada bumi. "Gunung, udara, pohon, sungai, kita lihat sebagai keluarga kita sendiri, yang hidup, dan terus perlu dihidup-hidupkan," tuturnya.

Menurutnya, filosofi Gaia Principle ini menguat karena kontek sosial, kerusakan lingkungan yang luar biasa. Tiga contoh yang bisa kita lihat. Pertama, polusi udara di London, 1952. Udara di London beracun. Menyebabkan kematian langsung 16.000 orang, dan puluhan ribu lainnya menderita pernafasan jangka panjang.

Kedua, polusi air di Minamata (Jepang) 1953- 68. Puluhan ribu ikan tercemar bahan kimia industri. Manusia mengonsumsi ikan itu. Keracunan merkuri secara massal. Ribuan orang meninggal dan puluhan ribu lainnya terpapar. Efeknya bertahun- tahun.

Ketiga, Tragedi Bhopal di India, 1984. Keracunan gas secara massal. Ini akibat kebocoran di pabrik. Sebanyak 550 ribu penduduk terpapar. Dan 22 ribu orang mati dalam jangka panjangnya.

"Kerusakan lingkungan hidup terus terjadi. Global warming misalnya membuat suhu bumi menaik. Lahan bumi es mencair, banyak daratan akan tenggelam, bencana kekeringan, rusaknya ekosistem," tandasnya.

Masih kata Denny, masifnya kerusakan ini tak lagi bisa diatasi hanya melalui teknik mengubah kebijakan, misalnya. Ia menuntut lebih jauh pada perubahan filosofi hidup dalam melihat alam, menata lingkungan hidup.

"Ini gaya hidup yang eco-spiritual, spiritualitas yang melihat bumi sebagai ibu kandung kita sendiri. Walau iman kita berbeda- beda, dalam Forum Esoterika, kita tetap merawat keakraban kita, keakraban lintas iman. Karena persamaan kita selaku sesama homo sapiens jauh lebih tua dan kuat," sambung Denny.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)