KAMI Akan Sampaikan Maklumat Berisi 8 Tuntutan kepada Pemerintahan Jokowi

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:01 WIB
loading...
KAMI Akan Sampaikan Maklumat Berisi 8 Tuntutan kepada Pemerintahan Jokowi
Din Syamsuddin dan kawan-kawan yang tergabung dalam Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) saat jumpa pers dikawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (15/8/2020). Foto/Raka Dwi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) bakal menggelar deklarasi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat pada pukul 10.00 WIB, Selasa 18 Agustus 2020. Dalam deklarasi tersebut akan dibacakan maklumat dari KAMI yang telah disepakati oleh para deklarator.

"Insya Allah pada deklarasi itu hari Selasa 18 Agustus 2020, KAMI akan mengeluarkan maklumat yang diberi judul maklumat menyelamatkan Indonesia," ujar Din Syamsuddin dalam jumpa pers di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (15/8/2020). (Baca juga: Jelang Deklarasi, Dukungan kepada Koalisi Din Syamsuddin dkk Muncul)

Din menjelaskan maklumat menyelamatkan Indonesia sudah disepakati oleh para deklarator memuat antara lain butir-butir keprihatinan terhadap kehidupan kebangsaan kita terakhir ini khususnya dalam bidang ekonomi politik, sosial budaya hukum dan HAM termasuk sumber daya alam.

"Kami akan menjelaskan pada setiap butir sektor dari kehidupan nasional kita itu apa yang kami nilai terjadi kerusakan terjadi penyimpangan penyelewengan dan baru kemudian di bagian akhir maklumat menyelamatkan Indonesia," jelasnya.

Dalam maklumat tersebut juga berisi tuntutan yang ditujukan kepada penyelenggara negara hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Kami mengajukan 8 tuntutan. Ada tuntutan kepada penyelenggara negara kepada pemerintah bahkan juga secara spesifik tuntutan kepada presiden sebagai negara sekaligus sebagai kepala pemerintahan."

"Inilah kira-kira gambaran kandungan dari maklumat dari menyelamatkan Indonesia, jadi kami akan mengeluarkan maklumat menyelamatkan Indonesia pada hari deklarasinya Selasa 18 Agustus 2020," sambungnya.

Pelaksanaan deklarasi akan didahului dengan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75. Selain dihadiri oleh para penggagas, deklarasi KAMI di Jakarta juga akan dihadiri oleh ribuan warga yang sudah menyampaikan minatnya untuk hadir di acara tersebut.

Meski akan dihadiri oleh ribuan warga, panitia menegaskan acara deklarasi KAMI akan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan. Akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap tamu yang hadir. Selain itu, panitia menyediakan fasilitas hand sanitizer dan masker di pintu masuk Tugu Proklamasi. (Baca juga: AHY Satu-satunya Ketum Parpol Non-Pejabat di Sidang Tahunan MPR)

Sebelumnya kehadiran KAMI yang dinyatakan sebagai gerakan moral ini sudah diperkenalkan ke masyarakat pada saat peluncuran di salah satu rumah makan, di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Minggu 2 Agustus 2020. Peluncuran ini mendapat sambutan hangat masyarakat dan berita tentang kehadiran KAMI menjadi viral di media-media sosial pada saat itu.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3303 seconds (0.1#10.140)