Presiden Jokowi Buka MTQ Nasional 2018 di Kota Medan Minggu Petang

Minggu, 07 Oktober 2018 - 11:32 WIB
Presiden Jokowi Buka MTQ Nasional 2018 di Kota Medan Minggu Petang
Presiden Jokowi Buka MTQ Nasional 2018 di Kota Medan Minggu Petang
A A A
MEDAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan membuka langsung Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII tahun 2018 di Kota Medan, Sumatera Utara, petang nanti. Saat ini presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo sudah berada di Kota Medan.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan, rombongan presiden lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 07.30 WIB. Rombongan presiden tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, sekitar pukul 09.40 WIB.

Di sana presiden disambut oleh Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah, dan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto.

"Presiden kemudian menuju Istana Maimun, Kota Medan, untuk menerima penganugerahan gelar adat dari Kesultanan Deli," ujar Bey Machmudin dalam keterangan resminya, Minggu (7/10/2018). (Baca juga: Menag Lantik 135 Dewan Hakim MTQ Nasional XXVII di Medan)

Sesuai jadwal, kata Bey, presiden sudah diagendakan untuk meresmikan pembukaan MTQ Nasional 2018 di Arena Utama MTQ Nasional XXVII, Kota Medan, petang nanti. Setelah pembukaan MTQ nasional, presiden dan rombongan akan kembali ke hotel di Kota Medan untuk bermalam dan melanjutkan agenda kerja di Sumut esok hari.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Sumut ini antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Terkait keamanan, Pangdam I/Bukit Barisan ayor Jenderal M Sabrar Fadhilah sudah menekankan kepada anggotanya agar pengamanan VVIP terhadap presiden berjalan maksimal. (Baca juga: Puluhan Kendaraan Hias Semarakkan Pawai Ta'aruf MTQN ke-27 di Medan)

“Sebagai Panglima Komando Operasional (Pangkoops) saya tekankan, pengamanan VVIP harus berjalan dengan lancar. Tidak ada kata ulangi dalam kegiatan pengamanan VVIP. Semua harus berlanjut sesuai dengan rencana. Untuk itu Dansatgas dan Satgas dituntut untuk mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal,” kata Pangdam.

Untuk mengantisipasi dinamika perkembangan situasi di lapangan, Sabrar menyampaikan beberapa atensi untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas pengamanan. Pertama, masing-masing personel harus memahami tugas dan pedomani prosedur dalam penanganan tindakan di lapangan.

“Kedua, check and recheck sampai detik terakhir. Baik sebelum, selama, dan sesudah Presiden RI dan Ibu Iriana beserta rombongan menuju ke objek yang dituju. Terakhir, adakan kordinasi di lapangan agar permasalahan yang timbul bisa segera diatasi sedini mungkin,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto selaku Wakil Panglima Komando Operasional (Wapangkoops) meminta doa restu dari semua pihak agar tugas pengamanan berjalan dengan lancar.

“Pengamanan akan kita laksanakan sesuai dengan yang sudah menjadi SOP. Ada aturannya, akan kita ikuti dan laksanakan, mohon doa restu agar apa yang kita kerjakan bisa berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3834 seconds (0.1#10.140)