Tiket Angkutan Lebaran 2024 Naik Drastis, Menko PMK: Kok Tidak Malah Turun?

Senin, 18 Maret 2024 - 20:15 WIB
loading...
Tiket Angkutan Lebaran 2024 Naik Drastis, Menko PMK: Kok Tidak Malah Turun?
Menko PMK Muhadjir Effendy menyoroti tiket angkutan Lebaran 2024 yang mengalami kenaikan drastis seusai Rapat Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (18/3/2024). Foto: iNews Media/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyoroti tiket angkutan umum Lebaran 2024 yang mengalami kenaikan drastis.

Dia bakal berkoordinasi dengan pengelola angkutan umum baik darat, laut, maupun udara terkait kenaikan tiket. Meskipun belum ada intervensi dari pemerintah untuk menurunkan harga tiket mudik.



“Kita belum sampai berpikir mau melakukan pressure. Karena pasti dari pengelola kenapa tiketnya naik itu pasti ada pertimbangan-pertimbangan tertentu,” kata Muhadjir usai Rapat Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Menurut dia, kenaikan harga tiket angkutan Lebaran akan menjadi catatan pemerintah. “Nanti saya selaku Menko PMK akan coba sounding dengan pihak-pihak terkait, kenapa kok tiketnya naik drastis, kok tidak malah turun drastis? Itu saran, nanti kita perhatikan,” ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat membeli tiket angkutan mudik secara online sehingga mengurangi antrean baik di stasiun, bandara, maupun pelabuhan. Dengan begitu, mempercepat pelayanan boarding penumpang.

“Seperti biasa, seperti sebelumnya, untuk mengurangi beberapa antrean di terminal, stasiun, bandara, pelabuhan keberangkatan, kami mengimbau masyarakat melakukan pembelian tiket melalui layanan pembelian tiket check-in dan boarding melalui online. H-1 paling lambat, sehingga jangan sampai datang ke stasiun atau tempat penyeberangan itu belum membawa tiket,” ungkap Muhadjir.

“Karena nanti akan mengalami kesulitan. Sekarang sudah ada prosedur yang kita atur jauh lebih rapi dibanding tahun-tahun lalu. Risikonya mereka yang nggak rapi nanti kemudian pasti tidak akan mendapatkan pelayanan yang baik,” tambahnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)