Menlu Retno Bujuk Menlu Selandia Baru Dukung Palestina Merdeka

Kamis, 14 Maret 2024 - 17:16 WIB
loading...
Menlu Retno Bujuk Menlu Selandia Baru Dukung Palestina Merdeka
Menlu RI, Retno Marsudi mengajak Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters untuk ikut mendukung kemerdekaan Palestina. Foto/Tangkapan layar/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengajak Menlu Selandia Baru , Winston Peters, untuk ikut mendukung Palestina merdeka . Sebab ia yakin, Selandia Baru merupakan salah satu negara yang konsen akan isu hak asasi manusia.

"Kami juga membahas situasi di Palestina. Mengingat rekam jejak Selandia Baru dalam isu-isu hak asasi manusia, saya percaya bahwa Selandia Baru memiliki keprihatinan yang sama terhadap krisis kemanusiaan di Palestina," kata Menlu Retno usai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters di kantor Kemlu, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).



Dalam pertemuan tersebut, keduanya tidak hanya membahas isu-isu bilateral tetapi juga isu-isu regional dan internasional, termasuk bagaimana memperkuat kerja sama di kawasan Pasifik.

"Kami juga membahas keterlibatan di Pasifik. Saya menekankan pendekatan Indonesia yang konsisten untuk secara aktif mengambil bagian dalam memelihara perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran sebagai bagian dari kawasan Pasifik," kata Menlu Retno.

Terakhir, Menteri Peters dan Menlu Retno membahas peran kedua negara dalam berbagai isu regional dan global. Terutama berbagi komitmen untuk berkontribusi dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan ini.

"Kami membahas kolaborasi dalam konteks ASEAN. Indonesia berharap dapat bekerja sama dengan Selandia Baru dalam mengimplementasikan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) untuk memupuk kerja sama yang inklusif di kawasan ini, termasuk untuk memperkuat kerja sama antara ASEAN dan PIF," tuturnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2645 seconds (0.1#10.140)