Terungkap! Ada Saksi yang Bertugas untuk 3 Partai Politik

Selasa, 12 Maret 2024 - 21:55 WIB
loading...
Terungkap! Ada Saksi yang Bertugas untuk 3 Partai Politik
Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional. Foto/Tangkapan layar YouTube KPU
A A A
JAKARTA - Ada momen menarik saat prosesi rekapitulasi suara berjenjang tingkat nasional untuk Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (12/3/2024). Ternyata, terungkap ada salah seorang saksi yang ternyata bertugas untuk beberapa partai politik.

Momen ini diketahui ketika Ketua KPU Hasyim Asy’ari hendak mengesahkan rekapitulasi perolehan suara partai dan calon legislatif di daerah pemilihan Kalimantan Selatan I. Mulanya, salah seorang saksi dari Partai Demokrat Saidi mempertanyakan ihwal C hasil salinan untuk suara PAN lantaran dianggap janggal perolehan suaranya.

Merespons hal tersebut, Hasyim pun kemudian menyoroti nama saksi Partai Demokrat itu yang dianggap berbeda. "Kalau boleh tahu, ya. Ini Mas Zainuddin ya?" tanya Hasyim.

"Saya Saidinur. Saidi," jawabnya.

Hasyim pun memastikan kembali bahwa saksi yang mendatangani beratasnamakan Zainuddin. Di sinilah, akhirnya terungkap sosok Zainuddin yang dimaksud.

"Dia juga Partai Demokrat, saksi Demokrat juga dia, yang hadir waktu pleno di provinsi," balas Saidi.

Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa menambahkan bahwa Zainuddin merupakan saksi beberapa partai saat di kecamatan dan kabupaten. "Mohon izin pimpinan, untuk saksi itu Pak Zainuddin itu juga saksi dari Partai Buruh dan Partai Garuda. Waktu di kabupaten sebagai saksi Partai Buruh, dan ketika di kecamatan sebagai saksi Partai Garuda, sebagai informasi," ungkap Tenri.

Hasyim mengatakan saat di provinsi, Zainuddin menjadi saksi Partai Demokrat. Meski begitu, ia tak mempermasalahkan lantaran menurutnya seorang saksi tak harus menjadi anggota partai.

"Ya berarti memang profesinya saksi, kesimpulannya kan begitu, berarti dia profesional ini sebagai saksi. Di kecamatan Partai Garuda, di Garuda saksi Buruh, di kabupaten jadi saksi partai Demokrat, multitalenta berarti orang ini," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)