Pentingnya Saling Menghormati dan Toleransi di Tengah Keberagaman

Selasa, 12 Maret 2024 - 15:16 WIB
loading...
Pentingnya Saling Menghormati dan Toleransi di Tengah Keberagaman
Saling menghormati dan menjunjung toleransi dinilai salah satu nilai yang harus dipegang di tengah kehidupan dengan keberagaman sosialnya, Selasa (12/3/2024). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Saling menghormati dan menjunjung toleransi dinilai salah satu nilai yang harus dipegang di tengah kehidupan dengan keberagaman sosialnya. Pandangan ini terungkap oleh Achmad Nasrullah, penerima beasiswa Non Gelar Mora Overseas Student Mobility Awards (Mosma) Kementerian Agama (Kemenag).

Dalam melakukan kegiatan penjangkauan peserta Kemenag ini, berkolaborasi dengan Usaid Teman LPDP. Nasrullah berkesempatan kuliah di York College of Pennsylvania, Amerika Serikat, selama satu semester.
Pentingnya Saling Menghormati dan Toleransi di Tengah Keberagaman

Nasrullah mengatakan, gembira bisa mendapat kesempatan kuliah di Amerika Serikat meskipun banyak berita negatif tentang kehidupan sosial di negara tersebut. Meskipun demikian, mengaku tidak pernah merasakan hal negatif selama enam bulan berada di negeri Paman Sam tersebut.



"Selama tinggal di sana, keadaan sosial sangat kondusif di mana masing-masing orang memiliki rasa hormat dan toleransi kepada orang lainnya," kata Nasrullah, Selasa (12/3/2024).

"Begitu pula dengan kehidupannya di kampus di mana baik mahasiswa lokal Amerika Serikat maupun mahasiswa internasional memiliki kedekatan yang cukup intensif dan sering saling membantu satu sama lain," tambahnya.

Setelah merasakan hidup di Amerika Serikat, Nasrullah pun mengubah pandangan negatifnya terhadap Amerika Serikat. Hal inilah yang membuatnya bertekad akan kembali melanjutkan studi S2 di Amerika Serikat.

"Tentu saya ingin kembali kuliah di Amerika Serikat. Saya akan cari beasiswa dan lanjut S2 di sana," ujarnya.

Mahasiswa Universitas Negeri Islam Sunan Ampel (UINSA) Surabaya ini juga menceritakan, banyak hal dan pengalaman baru yang dirinya rasakan selama kuliah di York College of Pennsylvania, salah satunya mendapatkan kesempatan untuk Ketika dirinya ikut dalam acara Europe Union Simulation di Washington DC, Amerika Serikat.

Acara yang membahas tentang Security Energy yang melatih bagaimana mahasiswa untuk berani menyampaikan pendapat, memperjuangkan hak asasi manusia (HAM), dan membahas situasi terkini tentang perekonomian di Benua Eropa serta dunia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)