Sosok Marsda Ferdic Sukma Wahyudin, Dokter TNI AU yang Kini Jabat Warek Unhan

Sabtu, 09 Maret 2024 - 16:33 WIB
loading...
Sosok Marsda Ferdic Sukma Wahyudin, Dokter TNI AU yang Kini Jabat Warek Unhan
Marsda TNI dr Ferdic Sukma Wahyudin dinilai menjadi sosok yang bisa dijadikan inspiratif generasi muda. Hal ini berdasarkan garis perjuangan yang dilaluinya. Foto/Unhan
A A A
JAKARTA - Marsda TNI dr Ferdic Sukma Wahyudin dinilai menjadi sosok yang bisa dijadikan inspiratif generasi muda. Hal ini berdasarkan garis perjuangan yang dilaluinya hingga bisa mendapatkan posisinya saat ini.

Dikutip dari situs Universitas Pertahanan (Unhan) , Sabtu (9/3/2024), Marsda Ferdic Sukma Wahyudin saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor (Warek) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhan RI.

Sosok kelahiran Sukabumi, 26 Juni 1967 ini terlahir dari keluarga sederhana di Jawa barat. Sukma panggilan kecilnya di Sukabumi, merupakan putra seorang polisi berpangkat Peltu yang sudah pensiun 1974. Dia selalu gigih untuk mengenyam pendidikan tinggi di luar Sukabumi.

Pendidikan Sukma mulai dari SD hingga SMA di Sukabumi dan melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Undip Semarang. Lalu melanjutkan ke Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar di Program Pendidikan Spesialis Saraf dan Magister Biomedik. Pendidikan terakhirnya di ilmu manajemen UNJ Jakarta dengan titel S3 (doktor) di tahun 2023.



Saat kuliah di Undip Semarang, dr Sukma sedikit menceritakan kenangan pahitnya dalam menuntut ilmu yang tak terlupakan,

"Ya saat itu tahun 1986 setelah lulus SMA karena tidak punya biaya kuliah, mengumpulkan uang dengan berjualan pedagang rokok asongan dipinggir jalan ke arah Jampang Kulon, karena sangat ingin kuliah di kedokteran," kata Sukma.

"Karena minta ke orang tua tidak mungkin. Tapi sambil jualan saya belajar soal-soal untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Alhamdulillah tahun 1987 lulus ujian Sipenmaru di Fakultas Kedokteran Undip Semarang. Waktu kuliah pun jadi asisten dosen di Bagian Biokimia," tambahnya.

Kemudian kata dia, tahun 1992 menjadi mahasiswa yang ikut program Perwira beasiswa ABRI Angkatan V. "Jadi waktu Koas atau Dokter muda, sy sudah berangkat Letnan Dua," ujar dr Sukma, ayah dari empat anak yang salah satunya kuliah di fakultas kedokteran UNS Surakarta ini.

Kemudian, Sukma melanjutkan dan lulus dari FK Undip tahun 1994 serta langsung mengabdi sebagai dokter TNI AU sampai sekarang. Perlu diketahui, untuk riwayat pangkat yang cemerlang dari dokter Sukma mulai dari Letda di tahun 1992 hingga Marsda TNI AU atau jenderal bintang dua di tahun 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0712 seconds (0.1#10.140)