Angket DPR, Ganjar: Partai Dorong Persiapan Naskah Akademis dan Dukungan Fraksi

Sabtu, 09 Maret 2024 - 13:00 WIB
loading...
Angket DPR, Ganjar: Partai Dorong Persiapan Naskah Akademis dan Dukungan Fraksi
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyebutkan, PDIP tengah mendorong naskah akademik angket DPR RI untuk menelisik kejanggalan Pemilu 2024, Sabtu (9/3/2024). Foto/TPN Ganjar-Mahfud
A A A
JAKARTA - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyebutkan, PDIP tengah mendorong naskah akademik hak angket DPR untuk menelisik kejanggalan Pemilu 2024. Bahkan kata Ganjar, partainya tengah mendorong agar para anggota fraksi dapat mendukung angket DPR.

Hal itu Ganjar sampaikan saat membuka diskusi "Demos Festival bertajuk Omon-Omon Soal Oposisi" secara virtual, Sabtu (9/3/2024) pagi.

Dia merasa, ruang politik bisa mengungkap kejanggalan Pilpres 2024, salah satunya melalui hak konstitusional yang dimiliki DPR yakni angket.

"Tentu ruang politik yang bisa digunakan DPR, dalam hal ini menggunakan hak konstitusinya yang namanya hak angket," kata Ganjar.



Kendati demikian, Ganjar memprediksi dinamika angket DPR RI akan menarik. Hal itu terlihat saat Rapat Paripurna pembukaan masa sidang DPR RI pada Selasa (5/3/2024).

"Saat pembukaan masa sidang sudah ada interupsi dari beberapa fraksi menurut saya menjadi dinamika yang cukup bagus," tutur Ganjar.

Kendati dorongan angket DPR RI telah disampaikan sejumlah anggota fraksi lintas partai, Ganjar menyebut, PDIP akan mendorong persiapan naslah akademis. Bahkan, ia berkata, partainya akan menyiapkan anggota fraksi untuk mendukung angket DPR RI.

"Sambil tentu saja dari kami selaku partai tentu saja mendorong persiapan-persiapan menyusun naskah akademis, menyiapakan dukungan dari anggota, sampai kemudian bisa masuk ke parpurna dan disahkan menjadi hak angket DPR," terang Ganjar.

Sekadar informasi, sejumlah anggota DPR telah mendorong agar DPR RI bisa menggulirkan hak angket. Hal itu terlihat dari Rapat Paripurna DPR, Selasa (5/3/2024). Setidaknya ada dua fraksi DPR RI yang tergabung dalam parpol pendukung AMIN, melayangkan angket DPR RI terkait Pemilu 2024. Kedunya ialah Fraksi PKS dan Fraksi PKB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)