Presiden Jokowi akan Bahas Transisi Energi hingga Isu Palestina di KTT ASEAN-Australia

Senin, 04 Maret 2024 - 15:31 WIB
loading...
Presiden Jokowi akan Bahas Transisi Energi hingga Isu Palestina di KTT ASEAN-Australia
Presiden Jokowi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia. Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia. Dalam KTT tersebut, Jokowi bakal membahas mengenai transisi energi hingga perang di Palestina.

"Saya akan gunakan kesempatan ini untuk mendorong kerja sama, penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital serta kemajuan paradigma kolaborasi. Dan penghormatan hukum internasional secara konsisten, termasuk dalam isu Palestina," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3/2024).

Selain menghadiri KTT ASEAN-Australia, Jokowi juga berencana bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, hingga PM Selandia Baru Christopher Luxon.



"Saya juga berencana menghadiri pertemuan bilateral dengan PM Australia, PM Selandia Baru, dan Kamboja. Saya dan rombongan akan tiba lagi ke Jakarta pada 6 Maret hari Rabu," ungkapnya.

Jokowi mengatakan dalam pertemuan dengan para PM tersebut, dirinya bakal membahas mengenai investasi Ibu Kota Nusantara (IKN). "Setiap bertemu dengan perdana menteri manapun pasti itu (investasi IKN) akan saya sampaikan," kata Jokowi.



Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Australia pada pagi hari ini Senin 4 Maret 2024. Jokowi bakal menghadiri KTT ASEAN-Australia.

KTT tersebut, katanya, juga diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun hubungan kemitraan ASEAN dan Australia.

"Tema yang diangkat adalah partnership for the future. Membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN Australia dapat dioptimalkan ke depan untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan makmur," kata Jokowi.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)