Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri KTT ASEAN-Australia

Senin, 04 Maret 2024 - 12:40 WIB
loading...
Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri KTT ASEAN-Australia
Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia. Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Australia pada pagi hari ini Senin 4 Maret 2024. Jokowi dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia.

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan berangkat ke Melbourne untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-Australia. Ini diselenggarakan untuk peringati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3/2024).

Jokowi menjelaskan tema yang akan diangkat pada KTT tersebut yakni partnership for the future. Nantinya, kata Jokowi, akan dibahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Australia dapat dioptimalkan ke depan untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan makmur.



"Saya akan gunakan kesempatan ini untuk dorong kerja sama, penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital serta kemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten, termasuk dalam isu Palestina," kata Jokowi.

Selain menghadiri KTT ASEAN-Australia, Jokowi juga berencana akan bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, hingga PM Selandia Baru Christopher Luxon.

"Selain hadiri KTT Asean Australia saya juga berencana menghadiri pertemuan bilateral dengan PM Australia, PM Selandia Baru, dan Kamboja. Saya dan rombongan akan tiba lagi ke Jakarta pada 6 Maret hari Rabu," ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9137 seconds (0.1#10.140)