Mutasi TNI, 2 Kolonel Pecah Bintang

Minggu, 03 Maret 2024 - 14:54 WIB
loading...
Mutasi TNI, 2 Kolonel Pecah Bintang
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi dan rotasi terhadap 38 Perwira Tinggi (Pati) TNI dari tiga matra. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi dan rotasi terhadap 38 Perwira Tinggi (Pati) TNI dari tiga matra. Dua orang di antaranya adalah berpangkat kolonel yang segera pecah bintang menjadi perwira tinggi (pati) bintang 1 setelah digeser ke jabatan barunya berdasarkan mutasi terbaru pada Rabu, 21 Februari 2024.

Adapun mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. Rinciannya, 28 Pati TNI Angkatan Darat (AD), 3 Pati TNI Angkatan Laut (AL), dan 7 Pati TNI Angkatan Udara (AU).

Dari 38 pati TNI tersebut, dua orang di antaranya berpangkat kolonel yang segera menjadi jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) atau Marsekal Pertama (Marsma). Siapa saja?

1. Kolonel Arm Erdi Ekawidjadjanto Arif


Dalam mutasi terbaru, Erdi digeser dari Paban III/Pers Ditum Sesko TNI menjadi Komandan Pusat Pendidikan Artileri Medan (Danpusdikarmed) pada Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed). Erdi menjadi Danpusdikarmed Pussenarmed menggantikan teman seangkatannya, Brigjen TNI Agus Hadi Waluyo yang digeser menjadi Waaspers Panglima TNI.

Erdi merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1995 dari kecabangan Armed. Berbagai jabatan pernah diemban, salah satunya adalah Dandenma Kodiklatad.

2. Kolonel Tek Ir. Karso


Karso digeser dari Paban 1/Ren Ditum menjadi Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Udara (Kadisadaau). Karso menggantikan Marsma TNI Cahyo Tursiono yang digeser menjadi Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)