Tak Hanya Jokowi, Efek Kaesang Bikin Partai Ini Raih 5 Kursi DPRD Semarang

Sabtu, 02 Maret 2024 - 19:16 WIB
loading...
Tak Hanya Jokowi, Efek Kaesang Bikin Partai Ini Raih 5 Kursi DPRD Semarang
Pengaruh Presiden Jokowi memberikan pengaruh positif bagi elektabilitas PSI di Semarang, Jawa Tengah. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengaruh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan juga putranya Kaesang Pangarep, dinilai memberikan pengaruh positif bagi elektabilitas PSI di Semarang. Pandangan ini diungkapkan oleh Ketua DPD PSI Semarang Melly Pangestu.

Melly mengatakan, perolehan suara PSI secara real count KPU terus mengalami peningkatan, bahkan kini sudah ada di atas 3%. Hal tersebut terjadi lantaran perolehan suara di daerah meningkat, salah satunya di Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Melly, terjadi peningkatan perolehan kursi di DPRD. Di mana pada 2019, PSI hanya bisa mendapatkan dua kursi DPRD. "2024 belum final perhitungan. Masih tingkat kota. Tapi bisa dipastikan PSI dapat 5 kursi untuk DPRD di 2024," kata Melly, Sabtu (2/3/2024).



Melly mengungkapkan, peningkatan perolehan kursi DPRD ini karena kerja keras para calon legislatif selama masa kampanye. Kemudian, peran penting Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep juga memberikan efek besar. "Dua faktor, Kaesang dan Jokowi effect serta perjuangan all caleg secara merata," tutup Melly.

Peningkatan perolehan kursi DPRD juga terjadi di Maluku. Peningkatan terjadi sebesar 10 kali lipat dibanding 2019. Karena Pemilu 2024, PSI diperkirakan akan mendapatkan 10 kursi, sementara di pemilu 2019 hanya 1 kursi.



Ketua DPW PSI Maluku, Ronald Kneefel mengatakan, peningkatan ini salah satunya karena pengalaman bertarung di pemilu 2019. Sehingga membuat struktur di internal partai jauh lebih solid dibanding sebelumnya.

Namun dia mengungkapkan, pengaruh terbesar datang dari Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. Karena karakter dari putra bungsu Presiden Jokowi dinilai membuat masyarakat Maluku terpukau.

"Mas Kaesang adalah sosok anak muda yang memberikan teladan dengan sikap santun dan kesederhaannya yang khas. Karakter pemimpin seperti inilah yang membuat rakyat maluku makin makin terpukau dan menyukai PSI," tuturnya.

Ronald menjelaskan, perolehan kursi DPRD di Maluku mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat. Karena pada 2019, PSI hanya memperoleh 1 kursi DPRD di Kabupaten Maluku Tengah. Sementara saat ini tersebar di beberapa kota dan kabupaten.

"2019 PSI Maluku hanya memperoleh satu kursi yaitu di Kabupaten Maluku Tengah. 2024 perolehan kita meningkat 1.000%," tutupnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6159 seconds (0.1#10.140)