Bandara Juanda dan Adi Sumarmo Siap Terapkan Layanan Fast Track untuk Jemaah Haji 2024

Sabtu, 02 Maret 2024 - 18:08 WIB
loading...
Bandara Juanda dan Adi Sumarmo Siap Terapkan Layanan Fast Track untuk Jemaah Haji 2024
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengatakan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Juanda, dan Adi Sumarmo siap menerapkan layanan fast track untuk jemaah haji 2024. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Bandara Juanda Surabaya dan Adi Sumarmo Solo siap menerapkan layanan Macca Road atau fast track untuk jemaah pada penyelenggaraan haji 1445 H/2024 M.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief terkait dengan persiapan haji 1445 H/2024 M seusai melaksanakan rapat akhir dengan delegasi Kementerian Haji Arab Saudi yang hadir di Indonesia dalam rangka menilik kesiapan Macca Road.

Selain Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten, kata Hilman, Bandara Juanda dan Adi Sumarmo juga siap menerapkan layanan tersebut. Artinya, jika tidak ada kendala, maka ada sekitar 120.000 jemaah haji Indonesia yang akan menikmati layanan fast track.



"Kita mempersiapkam layanan yang bisa didapat oleh jemaah untuk Macca Road atau thariq makkah. Alhamdulillah hasil kunjungan ini positif. Tiga bandara tersebut siap digunakan untuk Macca Road," ujar Dirjen PHU Hilman Latief di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Menurut Hilman, delegasi Kementerian Haji Arab Saudi yang dipimpin Wakil Menteri Haji Bidang Ziarah Muhammad Abdulrahman M. Al Bejawi mengapresiasi persiapan yang dilakukan Indonesia. Namun, Hilman tidak menampik bahwa ada beberapa hal yang secara detil harus disiapkan lebih lanjut.



"Terutama dengan mitra-mitra kami untuk layanan Macca Road baik di Surabaya maupun di Solo yang baru pertama kali akan memanfaatkan layanan ini," imbuhnya.

Hilman juga menyebutkan selain untuk 120.000 jemaah haji reguler, layanan Macca Road tahun ini juga akan diuji coba untuk jemaah haji khusus. "Jadi dari berbagai diskusi dengan Kemenhaj Arab Saudi, mereka juga sudah mendorong layanan Macca Road ini kepada haji khusus," jelas Hilmam.

"Jadi nanti akan kita uji coba juga kemungkinannya untuk beberapa kloter di haji khusus yang bisa mendapat layanan Macca Road," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)