Sekjen Perindo Beberkan Temuan Kejanggalan Sirekap yang Bisa Rugikan Partai

Selasa, 27 Februari 2024 - 07:07 WIB
loading...
Sekjen Perindo Beberkan Temuan Kejanggalan Sirekap yang Bisa Rugikan Partai
Sekjen DPP Partai Perindo, Ahmad Rofiq menyampaikan bahwa temuan-temuan kejanggalan aplikasi sistem rekapitulasi suara (Sirekap) bisa merugikan banyak partai. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Perindo , Ahmad Rofiq menyampaikan bahwa temuan-temuan kejanggalan aplikasi sistem rekapitulasi suara (Sirekap) bisa merugikan banyak partai.

Hal itu karena ada satu hal yang mengagetkan saat proses perhitungan oleh internal Partai Perindo dari mulai mengunduh Sirekap hingga temuan terkait form C1 atau C-hasil.



"Pertama saya sampaikan memang di dalam proses perhitungan yang dilakukan di internal Partai Perindo, ketika harus mengunduh aplikasi di Sirekap banyak sekali temuan-temuan yang terkait dengan C1 yang blank dan ini sesuatu yang mengagetkan," ujar Rofiq dalam program Sindo Prime, Selasa (27/2/2024).

"Karena kita tahu bahwa pemilu hari ini itu dalam konteks pembiayaannya sangat mahal sekali, sangat mahal, sangat besar puluhan triliun," imbuhnya.

Menurut Rofiq, dalam konteks pembiayaan yang juga diambil dari APBN 2024 ini mestinya IT yang digunakan tidak perlu ada kendala karena dengan pembiayaan yang tinggi pasti sistemnya juga sempurna.

"Nah ini adalah temuan yang yang menurut saya mengejutkan dan kita bisa berasumsi bahwa di dalam perhitungan ini ada sesuatu yang tersengaja dalam konteks ini," papar Rofiq.

Rofiq juga menyoroti ketika basis Sirekap ini tidak bisa dipertanggungjawabkan atau tidak ada satu hal yang sifatnya transparan, maka di dalam perhitungan yang sifatnya berjenjang ini akan mendatangkan masalah baru.

"Proses curi-mencuri, proses pemindahan suara pengalihan berbagai macam permainan yang ada di dalam perhitungan di tingkat bawah itu, sangat mungkin terjadi dan ini sangat merugikan partai," tegas Rofiq.

Kemudian temuan yang kedua adalah masyarakat hari ini, ketika ingin melihat perkembangan dan hasil perhitungan suara itu kan KPU telah memberikan informasi melalui Sirekap. Menurutnya, jika Sirekap ini saja tidak bisa dipertanggungjawabkan bagaimana masyarakat itu akan menilai bahwa pemilu ini berjalan dengan secara jujur dan adil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)