Temui Sultan HB X, Menko Polhukam Sebut hanya Silaturahmi Biasa

Jum'at, 23 Februari 2024 - 22:25 WIB
loading...
Temui Sultan HB X, Menko Polhukam Sebut hanya Silaturahmi Biasa
Menko Polhukam yang baru saja dilantik Presiden Jokowi, Hadi Tjahjanto berkunjung ke Keraton Kilen Yogyakarta menemui Sri Sultan Hamengkubuwono X. Foto/Erfan Erlin/SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) yang baru saja dilantik Presiden Jokowi, Hadi Tjahjanto berkunjung ke Keraton Kilen Yogyakarta untuk menemui Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X, Jumat (23/2/2024) malam.

Menko Hadi tiba di Kompleks Keraton Yogyakarta sekira pukul 18.30 WIB. Pertemuan antara keduanya berlangsung tertutup. Pertemuan sendiri baru selesai sekira pukul 20.39 WIB.

Menko Hadi mengatakan seperti biasa, sewaktu dirinya menjabat Panglima TNI juga beberapa kali 'sowan' ke Sri Sultan HB X, kemudian ketika menjadi Menteri ATR/BPN justru sangat sering bertemu dengan Sri Sultan HB X.

"Dan ini hanya silaturahmi biasa. Saya mengatakan baru saja dilantik menjadi Menko Polhukam dan saya mohon doa restu," ujar dia selepas pertemuan.



Tentunya, lanjut dia, keduanya bercerita banyak, namun cerita yang ringan-ringan saja. dan keduanya juga menyinggung terkait kondisi pasca Pemilu ini yang sangat baik dan sangat kondusif. Sehingga situasi yang seperti ini tentunya harus selalu dijaga dan mempertahankannya.

Di samping itu, kata Hadi, Sultan juga menghimbau warga untuk menunggu sampai Pemilu pengumuman sampai dengan nantinya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Dan hadi menandaskan jika kondisi seperti ini harus tetap dipertahankan.

"ini bagian dari tanggung jawab seluruh komponen bangsa supaya pembangunan sedang berjalan ini Terus dapat dilaksanakan dengan baik, " harapnya.

Dia menepis jika dirinya membawa pesan dari Jokowi berkaitan dengan mediasi dengan Megawati Soekarno Putri. Karena pertemuan malam hari ini hanyalah silaturahmi biasa.

Hadi menandaskan apa yang dia lakukan adalah hal yang biasa. Dan sudah menjadi tradisi ketika dirinya menduduki jabatan baru maka selalu sowan ke Sri Sultan HB X. Selain meminta restu juga berharap wejangan dari Sultan HB X.

Hadi membantah, jika pertemuan ini membahas mediasi ketua-ketua umum partai politik. Hadi menandaskan jika dirinya berbicara sesuai dengan ketugasannya yaitu menjaga stabilitas keamanan.

"Kondisi seperti inilah yang harus kita pertahankan supaya rakyat juga tenang dan itu bagian dari tugas yang harus saya jagakan," tambahnya.

Hadi mengaku mendapat wejangan (nasihat) dari Raja Keraton Yogyakarta ini. Di mana Sri Sultan memberikan wejangan seperti orang tua memberi nasihat kepada yang lebih muda. Sri Sultan berpesan yang intinya menjaga keamanan dan kondusivitas di Tanah Air.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)