Roy Suryo Sebut Audit Forensik Sirekap Harus Dilakukan, Ini Alasannya

Selasa, 20 Februari 2024 - 19:13 WIB
loading...
Roy Suryo Sebut Audit Forensik Sirekap Harus Dilakukan, Ini Alasannya
Pemerhati Telematika, AI, OCB & Multimedia Independen, Roy Suryo menyebut, IT KPU harus diperiksa untuk dilakukan audit forensik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerhati Telematika, AI, OCB & Multimedia Independen, Roy Suryo menyebut, IT Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus diperiksa untuk dilakukan audit forensik. Ini dilakukan untuk mengembalikan arah demokrasi Indonesia.

Seperti diketahui, belakangan muncul gerakan dari para akademisi terkait kritik kepada sistem demokrasi di Indonesia yang dinilai banyak dibumbui kecurangan dalam proses Pilpres 2024.

“Jadi kalau kemarin sudah muncul gerakan moral dari ratusan profesor, doktor, master, mahasiswa hingga masyarakat di seluruh penjuru negeri ini. Sekarang kalau melihat berbagai masalah di KPU, utamanya soal Sirekap ini sangat wajar bila gerakan-gerakan tersebut muncul kembali untuk mengembalikan arah demokrasi Indonesia,” kata Roy Suryo, Selasa (20/2/2024).



Roy mengatakan, jangan sampai gerakan-gerakan tersebut berhenti hanya sampai sesaat sebelum Hari-H Pemilu pada 14/2/2024 lalu, alias harus tetap digelorakan sampai Indonesia benar-benar mendapatkan pimpinan terbaik sesuai cita-cita reformasi selama ini.

Salah satu gerakan moral yang masih terus semangat menyuarakan hal ini adalah "Gerakan Pemilu Bersih" yang melibatkan 100 tokoh nasional untuk menolak Pemilu curang, ditambah oleh "Trial dan Error"-nya Sirekap ini.

Roy Suryo juga mempertanyakan, bila gerakan-gerakan moral tersebut terus aktif, apakah hal tersebut cukup untuk bisa meluruskan kembali arah reformasi di Indonesia?

"Tentu tidak, jika rakyat Indonesia masih belum sadar bahwa apa yang terjadi saat ini makin mengancam demokrasi di Indonesia," tutup Roy.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)