Literasi Anak-anak, Taman Bermain Dihadirkan di IIMS 2024

Minggu, 18 Februari 2024 - 16:28 WIB
loading...
Literasi Anak-anak, Taman Bermain Dihadirkan di IIMS 2024
IIMS 2024 yang berlangsung 15-25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat menyiapkan taman bermain anak-anak. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung 15-25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat menyiapkan taman bermain anak-anak. Event ini sekaligus memperkenalkan dunia automotif dan literasi finansial kepada anak sejak usia dini.

Marketing Communication Manager KidZania Jakarta Anggun Domastri mengatakan, berkendara menjadi hal yang sangat umum dilakukan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Memperkenalkan literasi automotif merupakan salah satu hal yang perlu diketahui anak-anak sejak usia dini.



"Anak-anak dapat mempelajari hal-hal baru seperti mengenal komponen sebuah kendaraan, fungsi komponen kendaraan, bagaimana cara komponen pada sebuah kendaraan bekerja, serta mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan kendaraan dengan baik dan benar," ujar Anggun, Sabtu (17/2/2024).

Selain literasi automotif, yang perlu diketahui anak-anak adalah pentingnya tertib berlalu lintas. Mendidik anak-anak tertib berlalu lintas akan membentuk anak-anak tersebut menjadi manusia yang bertanggung jawab dan disiplin.

"Salah satu caranya melalui aktivitas simulasi mengemudi. Anak-anak dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebelum berkendara seperti mengetahui arti dari rambu-rambu lalu lintas dan melakukan simulasi mengemudi untuk mendapatkan SIM," katanya.

Melalui aktivitas tersebut, anak-anak akan memahami betapa pentingnya berkendara dengan aman dan nyaman, tidak hanya untuk keselamatan diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

Diketahui, sejumlah sekolah melakukan booth tour IIMS 2024 yang melibatkan anak-anak dari usia TK hingga SD dengan usia maksimal 4-12 tahun. Ini menjadi kesempatan mengedukasi anak-anak terkait literasi automotif, tertib berlalu lintas, dan literasi keuangan.

Melalui pengalaman pembelajaran tersebut, generasi penerus tidak hanya menyukai dunia automotif, namun juga meletakkan dasar-dasar keselamatan dengan tertib berlalu lintas.

Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Ivan Jaya mengatakan, dengan kehadiran KidZania IIMS 2024 menjadi event ramah anak karena memiliki area bermain anak.

"Sekaligus sebagai ajang memperkenalkan anak-anak ke dunia automotif dan literasi berlalu lintas secara menyenangkan. Keluarga yang berkunjung tidak perlu cemas anak-anaknya akan bosan mengunjungi event tersebut," ujar Ivan.

Berdasarkan pengalaman menjadi official bank partner bagi IIMS selama dua tahun terakhir, pengunjung tidak terbatas hanya pada pecinta automotif maupun orang-orang yang sedang mencari kendaraan, tetapi juga mereka yang datang untuk rekreasi dengan keluarganya.

"Bagi mereka yang ingin membawa buah hati, kami menyediakan area KidZania di booth Danamon sebagai sarana belajar mengenai literasi finansial, automotif, dan lalu lintas. Kami percaya literasi harus diajarkan kepada anak sedini mungkin dengan tetap menggunakan cara yang menyenangkan agar anak dapat memahaminya dengan tepat,” ungkapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)