alexametrics

PPIH Arab Saudi Siapkan 70 Ton Obat bagi Jamaah Indonesia

loading...
PPIH Arab Saudi Siapkan 70 Ton Obat bagi Jamaah Indonesia
Kasi Kesehatan Daker Mekkah, M Imran.Foto/KORAN SINDO/Sudarsono
A+ A-
MEKKAH - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyiapkan sebanyak 70 ton obat bagi jamaah. Selain disiapkan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), obat-obatan ini akan didistribusikan ke seluruh sektor yang ada.

Kasi Kesehatan Daker Mekkah, M Imran mengatakan, KKHI saat ini tengah merapikan kamar untuk pasien dan menginvetarisir berbagai keperluan yang dibutuhkan. Rata-rata, lanjut Imran, jamaah asal Indonesia kerap menderita dehidrasi, hipertensi dan Infeksi Salutan Pernafasan Akut (ISPA).

"KKHI menyiapkan 110 tenaga kesehatan. Mulai dari dokter spesialis jantung, penyakit dalam, psikiatri, dan perawat, petugas rekam medik, pelayanan gizi dan sanitasi. Kita juga menyiapkan sebanyak 70 ton obat," kata Imran pada Sabtu (21/7/2018) di KKHI yang terletak di wilayah Al Aziziyah Junubiyah.

Imran menuturkan, jika ada jemaah yang membutuhkan perawatan, tim gerak cepat di sektor akan memberikan pertolongan pertama. Jika belum tertangani bisa dibawa ke KKHI.

Di lantai ruangan KKHI terdapat empat garis untuk memudahkan tenaga medis mendorong pasien yang membutuhkan tindakan. Garis merah untuk pasien risiko tinggi, hijau pasien ringan-sedang, kuning untuk gawat tapi tidak darurat, merah pasien gawat darurat, dan hitam pasien yang telah meninggal.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak