Prabowo-Gibran Unggul di Quick Count Pilpres 2024, Ini Analisis LSI Denny JA

Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:30 WIB
loading...
Prabowo-Gibran Unggul di Quick Count Pilpres 2024, Ini Analisis LSI Denny JA
Hasil perhitungan cepat atau quick count LSI Denny JA pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan perolehan suara 58,47%. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hasil perhitungan cepat atau quick count LSI Denny JA pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan perolehan suara 58,47%. Faktor tingkat pengenalan dan kesukaan total pemilih kepada keduanya menjadi kunci.

Pendiri LSI, Denny JA mengungkapkan pada survei terakhir Februari 2024, tingkat kedikenalan dan kedisukaan Prabowo dan Gibran mencapai puncaknya. Prabowo-Gibran mencapai status variabel elektabilitas kelas premium.



"Variabel elektabilitas itu terminologi untuk kondisi pembentuk elektabilitas. Yaitu tingkat pengenalan dan tingkat kesukaan. Yang mengenal Prabowo dan Gibran sudah di atas 90% populasi Indonesia. Dan yang menyukai Prabowo dan menyukai Gibran juga di atas 80%," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (16/2/2024).

Dengan variabel elektabilitas premium itu, menurut Denny, JA tak diperlukan kecurangan yang masif, terstruktur, dan sistematis untuk menang telak satu putaran.

"Mengapa saya yakin pascaelection ini walaupun begitu banyak protes, politik nasional akan baik-baik saja? Tak akan terjadi kerusuhan model 1998? Ini bisa diprediksi cukup dengan dua indikator. Pertama tingkat kepuasan, approval rating publik kepada Jokowi," tuturnya.

Sejak Juni 2023 hingga Februari 2024, approval rating Jokowi, kepuasan publik pada Jokowi berkisar antara 75-82%. "Itu karena mayoritas publik puas pada Jokowi," katanya.

Meski begitu walaupun ada kritik di sana dan di sini, kritik itu tak akan meluas membuat kegelisahan yang masif model 1998.



"Tapi satu hal yang harus juga kita katakan. Kritik, kesaksian, dan protes dari teman-teman intelektual, akademisi, para guru besar, itu berharga untuk direnungkan. Itu semua bagian yang penting dari civic education. Itu semua menu yang dibutuhkan untuk pematangan demokrasi," ucapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan quick count LSI Denny JA yang sudah 100%, pasangan Prabowo-Gibran meraih 58,47%, disusul pasangan Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar dengan 24,99% suara dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,55%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0814 seconds (0.1#10.140)