Kementan Ajak Petani Muda Berpartisipasi di YAA Lahan Rawa 2024

Selasa, 13 Februari 2024 - 21:02 WIB
loading...
Kementan Ajak Petani Muda Berpartisipasi di YAA Lahan Rawa 2024
Kementan melalui BPPSDMP dan Program YESS akan menyelenggarakan Pemilihan YAA 2024 dan YAA Lahan Rawa 2024 untuk memilih 50 duta petani muda Program YESS. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan Program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) akan menyelenggarakan Pemilihan Young Ambassador Agriculture (YAA) 2024 dan YAA Lahan Rawa 2024 untuk memilih 50 duta petani muda Program YESS.

Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, salah satu fokus Kementan adalah pemenuhan kebutuhan pangan dan mencapai kembali swasembada pangan yang pernah diraih pada 2017, 2019, dan 2020.

“Salah satu program untuk mencapai hal tersebut melalui optimalisasi pemanfaatan lahan rawa dalam peningkatan produksi pangan. Program tersebut membutuhkan keterlibatan berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah, penyuluh dan petani khususnya petani muda,” ujarnya dalam konferensi pers yang dilangsungkan di Jakarta, Senin (12/2/2024).

Sementara, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menyatakan mensupport penuh upaya peningkatan produksi pangan melalui optimalisasi lahan rawa.

“Young Ambassador Agriculture merupakan kegiatan pemilihan dan pelatihan petani atau pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia, untuk dapat menjadi duta Program YESS. Tujuannya mempromosikan dan mengajak kaum muda di wilayah Program YESS untuk terlibat secara aktif di sektor pertanian,” tutur Dedi.

Ia juga menjelaskan jika Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) adalah program kerja sama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD).

“Partisipasi aktif sasaran program yaitu petani muda terus didorong dalam rangka mencapai target tersebut,” lanjutnya.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian dan Direktur Program YESS, Idha Widi Arsanti menjelaskan secara detail tema dan mekanisme pemilihan.

Dijelaskannya, Young Ambassador Agriculture merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dari Pusdiktan, BPPSDMP Kementan.

“Kegiatan pemilihan YAA YESS rutin dilakukan sebagai upaya mengaungkan peran generasi muda, dalam pembangunan pertanian. Sekaligus upaya mempromosikan modernisasi dan peran generasi muda di sektor pertanian,” terang Santi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4182 seconds (0.1#10.140)