Jelang Pencoblosan, BNPB Petakan 7 Provinsi dengan TPS Sekaligus Kejadian Bencana Terbanyak

Selasa, 13 Februari 2024 - 17:03 WIB
loading...
Jelang Pencoblosan, BNPB Petakan 7 Provinsi dengan TPS Sekaligus Kejadian Bencana Terbanyak
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan pihaknya telah memetakan sebanyak 7 provinsi dengan jumlah TPS sekaligus kejadian bencana terbanyak menjelang Pemilu 2024 yang digelar 14 Februari besok. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memetakan sebanyak 7 provinsi dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sekaligus kejadian bencana terbanyak menjelang Pemilu 2024 yang digelar 14 Februari besok.

“Nah, kita sudah petakan 7 provinsi dengan TPS terbanyak sekaligus jumlah kejadian bencananya. Ini sebenarnya merepresentasikan yang kita lihat dari 2021-2023,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari pada Disaster Briefing, Selasa (13/2/2024).



Aam sapaan Abdul Muhari mengatakan 7 provinsi dengan jumlah TPS dan kejadian bencana terbanyak yaitu di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Banten, dan DKI Jakarta.

“Meskipun secara nasional kita bisa mengurangi dampak bencananya tetapi kita bisa lihat bahwa Jawa Barat itu jumlah TPS paling banyak dengan juga jumlah kejadian bencana paling banyak dalam 3 tahun terakhir. Kalau Jawa Barat tidak dalam tiga tahun terakhir, dalam 12 tahun terakhir paling banyak kejadian bencananya,” jelas Aam.

“Jawa Timur, jumlah TPS terbanyak nomor 2 paling tinggi, itu nomor 3 tertinggi frekuensi kejadian bencana. Jawa Tengah nomor 2 tertinggi kejadian bencana di sini tapi jumlah TPS nomor 3. Diikuti kemudian Sumatera Utara itu TPS-nya banyak tetapi nomor 5 frekuensi kejadian bencana. Sulawesi Selatan di Sulawesi paling tinggi kejadian bencana di Sulawesi. Juga paling tinggi jumlah TPS, Banten dan DKI Jakarta,” sambungnya.

Lebih lanjut, Aam pun mengatakan jika dilihat secara detail kondisi TPS dengan tingkat kebencanaan maka Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur paling tinggi. “Kita mau lihat supaya bisa melihat secara detail mungkin kondisi-kondisi di mana saja TPS-TPS terbanyak dan kondisi kebencanaan seperti apa ya,” kata dia.

“Kalau untuk di Jawa Barat, tadi kita lihat kan untuk TPS paling banyak di Indonesia itu di Indonesia 3 Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang berarti kejadian bencana di Indonesia juga sangat paling tinggi di 3 Provinsi ini,” imbuh Aam.


Sementara itu, kata Aam, untuk wilayah Jawa Barat jumlah TPS dan penyumbang kejadian bencana tertinggi yakni di Kabupaten Bogor.

“Kalau kita lihat Jawa Barat itu yang paling tinggi jumlah TPS kemudian merepresentasikan juga jumlah daftar pemilih tetap itu adalah Kabupaten Bogor yang mana Kabupaten Bogor juga adalah penyumbang kejadian bencana paling tinggi di Indonesia. Jadi ini harus menjadi perhatian kita bersama,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4349 seconds (0.1#10.140)