Kubu Anies dan Ganjar Berpeluang Besar Bersatu di Putaran Kedua demi Tegaknya Demokrasi

Selasa, 13 Februari 2024 - 13:04 WIB
loading...
Kubu Anies dan Ganjar Berpeluang Besar Bersatu di Putaran Kedua demi Tegaknya Demokrasi
Pengamat politik Ray Rangkuti melihat sangat terbuka kemungkinan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di putaran dua Pilpres 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti menyoroti konstelasi politik jelang pencoblosan Pemilu pada 14 Februari 2024. Ray menilai bahwa situasi sekarang lebih dari sekadar elektoral tapi persoalan politik yang menguntungkan keluarga ketimbang bangsa dan negara.

"Keadaban politik yang makin terasa hilang dari keseharian pengelolaan negara, khususnya yang dilakukan oleh presiden, yang terlihat lebih mengutamakan kepentingan keluarga di atas kepentingan bangsa dan negara," kata Ray Rangkuti dalam keterangannya dikutip, Selasa (13/2/2024).

Melihat situasi seperti itu, Ray memandang tidak ada kesulitan berarti untuk mempertemukan dua kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1 Anies Baswesan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk bersatu di putaran kedua Pilpres 2024.



"Keduanya memiliki perbedaan, saya kira hal itu disadari penuh oleh mereka. Tapi menyikapi perbedaan itu tidak lebih penting dari pada menghadapi kemerosotan moral bangsa," ucap Ray.

Ia menilai terbuka peluang besar bagi kedua paslon untuk bergabung demi menjaga tegaknya demokrasi di Tanah Air.

"Maka dari perhitungan itulah, saya kira keduanya dapat bertemu. Kepentingan menjaga demokrasi agar tidak lebih merosot," ujarnya.

Sinyal kuat terbukanya potensi kerja sama kedua kubu semakin menguat kala Anies Baswedan memberi pujian kepada Ketua Umum Partai Demikrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di hari ulang tahunnya ke-77 pada 23 Januari 2024.



"Beliau adalah pribadi yang konsisten dalam menjaga demokrasi, beliau rekam jejaknya menunjukkan sikap hormat pada aturan hukum, aturan konstitusi ketika memenangkan Pilpres." kata Anies.

Anies menambahkan, "Di hari ultah ini kita bisa ambil pelajaran dari Ibu Mega sebagai orang yang menjaga konstitusi, menjaga demokrasi, semoga panjang umur sehat selalu."

Terkini, Ketua Umum NasDem Surya Paloh juga menegaskan terbukanya peluang kerja sama dengan PDIP di putaran kedua sebagai sesuatu yang ideal.

"Saya pikir itu amat sangat (terbuka kemungkinan), harusnya demikian. Dan itu bisa juga disadari oleh semua pihak, karena begitu besar permasalahan yang dihadapi untuk bisa menjalankan roda administrasi pemerintahan, sehingga membutuhkan stabilitas nasional agar tetap terjaga," kata Surya di Jakarta, Sabtu, 10 Februari 2024.

Sebelumnya, puluhan organ relawan akar rumput dari kubu Amin dan Gama kompak mengadakan nonton bareng atau nobar Debat Pilpres terakhir pada 4 Februari 2024 yang diadakan di Lippo Mall Kemang Village, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu, perwakilan organ relawan Amin Firman Abadi sebagai Ketua Relawan Anies Baswedan Nusantara mengungkapkan harapannya agar para elite politik dari kedua kubu 1 dan 3 turut mendengar aspirasi pendukung akar rumput Amin dan Gama.

"Kami yakin ratusan bahkan ribuan relawan Amin dan Gama di Indonesia turut memiliki perasaan, pandangan dan kesamaan tujuan dengan kami. Ratusan juta pendukung akar rumput 01 dan 03 siap bersatu di putaran kedua, mendukung tegaknya demokrasi, konstitusi dan reformasi," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)