Jokowi Mampir ke Hotel Gibran Menginap, Ray Rangkuti: Moral Demokrasinya Sangat Rendah

Minggu, 11 Februari 2024 - 17:03 WIB
loading...
Jokowi Mampir ke Hotel Gibran Menginap, Ray Rangkuti: Moral Demokrasinya Sangat Rendah
Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti angkat bicara perihal Presiden Jokowi yang menyambangi Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, tempat cawapres Gibran Rakabuming Raka dan TKN menginap, Sabtu (10/2/2024). Foto: Dok iNews Media
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti angkat bicara perihal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyambangi Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, tempat cawapres Gibran Rakabuming Raka dan Tim Kampanye Nasional (TKN) menginap, Sabtu (10/2/2024).

Alasan Jokowi ke hotel Gibran menginap untuk mengantar cucunya Jan Ethes dan La Lembah Manah ke orang tuanya Gibran.



Atas pemandangan itu, Ray menilai moralitas demokrasi Presiden Jokowi sudah sangat rendah. "Ini diperburuk lagi dengan kenyataan tersebut. Cucu pun dibawa-bawa untuk kepentingan yang pasti akan menimbulkan kontroversi," ujar Ray dalam diskusi bertema 'Demokrasi Cacat, Legitimasi Pemilu Dipertanyakan?' di Aula Gerakan Bhineka Nasionalis (GBN), Jakarta Pusat, Minggu (11/2/2024).

"Tadi malam kita lihat ada peristiwa kayaknya luput diperhatikan banyak orang kala Pak Jokowi mengantarkan cucunya ke salah satu hotel tempat panitia dan peserta 02 sedang menginap/istirahat. Selama ini kita kenal Jokowi hanya melibatkan anaknya, anak pertama dan anak ketiga sekarang cucunya pun sudah diikutsertakan. Bagi saya ini miris sekali menyebut cucunya sebagai alasan untuk berkunjung ke tempat para peserta Pemilu khususnya dari 02 sedang beristirahat dengan alasan mengantar cucu," ungkap Ray.

Ray yang juga aktivis 98 itu mempertanyakan perihal dinasti politik yang dianggap bermanfaat bagi sekelompok orang. Dia menyoroti putra sulung Jokowi yang dinilai cacat etika berat masih melaju dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Jadi kalau ada yang menyebut dinasti politik bermanfaat, kepada mereka dari sini saja sudah kelihatan. Anak dengan satu proses hukum yang disebut cacat etika berat melaju. Anak ketiga yang baru dua hari menjadi anggota partai politik jadi ketua umum. Sekarang cucu yang tidak tahu menahu. Lalu, kita bertanya di mana manfaat dinasti politik?" ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mendatangi Hotel Fairmont, Jalan Asia-Afrika, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024) malam.

Jokowi tiba di lokasi pukul 20.26 WIB dengan mengenakan pakaian hitam. Saat turun dari mobil, Jokowi menggandeng Jan Ethes dan La Lembah Manah yang merupakan anak Gibran.

Usut punya usut, lokasi tersebut merupakan tempat Gibran menginap setelah kampanye akbar Prabowo-Gibran di Stadion Utama GBK.

Tak berselang lama, Jokowi keluar dari hotel pukul 21.07 WIB. "Ya seharian saya momong cucu, malamnya saya anterin ke yang punya anak," tutur Jokowi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3381 seconds (0.1#10.140)