Kapolda Metro Jaya di Era Jokowi yang Raih Jenderal Bintang 4, Nomor 1 Sabet Adhi Makayasa

Minggu, 11 Februari 2024 - 05:00 WIB
loading...
Kapolda Metro Jaya di Era Jokowi yang Raih Jenderal Bintang 4, Nomor 1 Sabet Adhi Makayasa
Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian (kanan) menyalami Jenderal Pol Idham Aziz usai dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi pada 1 November 2019. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa nama Kapolda Metro Jaya di era Presiden Jokowi yang sukses melenggang menjadi jenderal bintang 4 di kemudian hari. Salah satunya peraih Adhi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol) 1987.

Polda Metro Jaya merupakan pelaksana tugas Polri yang membawahi wilayah Provinsi DKI Jakarta dan daerah-daerah penyangganya. Sebagaimana Polda lain, tampuk pimpinannya juga disebut Kapolda.

Sepanjang sejarahnya, Polda Metro Jaya sudah dipimpin puluhan Kapolda yang berbeda-beda. Di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) misalnya, ada sekitar 9 Kapolda Metro Jaya yang pernah aktif menjabat.



Melihat nama-namanya, ada beberapa di antaranya yang sukses melenggang menjadi Kapolri dan meraih pangkat jenderal bintang 4. Siapa saja mereka?

Kapolda Metro Jaya Era Presiden Jokowi yang Jadi Jenderal Bintang 4

1. Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian

Kapolda Metro Jaya di Era Jokowi yang Raih Jenderal Bintang 4, Nomor 1 Sabet Adhi Makayasa

FOTO/DOK.SINDOnews

Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi Polri. Tito menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin.

Polisi kelahiran Palembang, 26 Oktober 1964 itu diketahui sebagai lulusan terbaik Akpol 1987 dan berhak atas penghargaan Adhi Makayasa. Tito sudah banyak mencicipi posisi-posisi strategis di kepolisian. Salah satunya menjadi Kapolda Metro Jaya periode 2015-2016.

Setelah menjadi Kapolda Metro Jaya, karier kepolisian Tito semakin moncer. Berdasarkan Surat telegram nomor ST/604/III/2016 tanggal 14 Maret 2016, ia dipromosikan menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Waktu itu, Tito menggantikan Komjen (Pol) Usman Saud Nasution yang memasuki masa pensiun. Sejalan dengan tugas barunya, pangkatnya pun naik satu tingkat lebih tinggi, yakni dari Inspektur Jenderal Polisi (bintang 2) menjadi Komisaris Jenderal Polisi (bintang 3).

Jabatan Kepala BNPT tak lama ditempati Tito. Pada 15 Juni 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan eks Kapolda Metro Jaya itu sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Badrodin Haiti yang segera masuk masa pensiun. Pada akhirnya, Tito Karnavian resmi dilantik menjadi Kapolri pada 13 Juli 2016. Pangkatnya kembali naik dan menjadi Jenderal Polisi atau setara bintang 4.

2. Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis

Kapolda Metro Jaya di Era Jokowi yang Raih Jenderal Bintang 4, Nomor 1 Sabet Adhi Makayasa

FOTO/DOK.SETKAB
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)