Luncurkan SIPTL, Lemhannas dan BPK Perkuat Tata Kelola Keuangan

Jum'at, 09 Februari 2024 - 13:57 WIB
loading...
Luncurkan SIPTL, Lemhannas dan BPK Perkuat Tata Kelola Keuangan
Lemhannas bersama BPK meluncurkan SIPTL saat Musrembang 2024 Lemhannas di atas KRI Semarang 594, Rabu (7/2/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Ketahanan Nasional ( Lemhannas ) bersama Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) meluncurkan Sistem Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL). Dengan sistem ini, Lemhannas berkomitmen menindaklanjuti setiap hasil temuan rekomendasi BPK.

Aplikasi ini diluncurkan saat Musrembang 2024 Lemhannas di atas KRI Semarang 594, Rabu (7/2/2024).
"Kami terus berkolaborasi dengan BPK RI dalam mewujudkan tata kelola keuangan pemerintahan yang akuntabel guna mendukung pencapaian tujuan strategis negara," kata Plt Gubernur Lemhannas Marsdya Maman Firmansyah dalam siaran persnya, Jumat (9/2/2024).

Maman yang didampingi Sestama Lemhannas Komjen Pol RZ Panca Putra mengatakan, aplikasi SIPTL ini sebagai bukti komitmen Lemhannas dalam rangka berupaya mempertahankan hasil penilaian keuangan yang sudah 8 kali berturut-turut sejak 2015 sampai 2022 mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Sistem ini akan membantu memantau sejauh mana ketaatan Lemhannas dalam memperbaiki dan menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan keuangan yg lebih efektif dan efesien," katanya.

Anggota BPK Nyoman Adhi Suryadnyana berterima kasih dan selamat atas diluncurkannya Aplikasi SIPTL ini.
Menurutnya, Lemhannas menjadi Lembaga yang pertama kali menggunakan dan meluncurkan aplikasi SIPTL ini di jajaran K/L yg berada dalam pengawasan BPK.

"Kami berkomitmen untuk terus mendorong pemerintah dalam meningkatkan dukungan anggaran bagi Lemhannas, mengingat kedudukannya sebagai lembaga struktural setingkat kementeriaan yang berada di bawah Presiden," ujarnya.

Lebih jauh Nyoman mengatakan selayaknya Lemhannas mendapat perhatian serius terkait dukungan anggaran. Hal ini terkait dengan tugas pokok Lemhannas yang mendidik calon pemimpin nasional yang berwawasan kebangsaan serta memberi kajian strategis kepada Presiden dalam merumuskan kebijakan strategis.
"Kami juga akan mengirimkan tenaga auditor BPK guna mengikuti pendidikan di Lemhannas," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)