Meski Libur, OPD dan Camat di Lingkungan Pemkot Semarang Tetap Kawal Distribusi Logistik Pemilu

Rabu, 07 Februari 2024 - 19:00 WIB
loading...
Meski Libur, OPD dan Camat di Lingkungan Pemkot Semarang Tetap Kawal Distribusi Logistik Pemilu
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (tengah), meninjau pembangunan tiang pancang di Kelurahan Tambakrejo, Rabu (7/2/2024). (Foto: doc. Pemkot Semarang))
A A A
SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengambil langkah serius guna memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung pada Rabu (14/2/2024). Meski libur panjang yang dimulai Kamis (8/2/2024) hingga Minggu (11/2/2024), namun seluruh kepala OPD dan camat di lingkungan Pemkot Semarang akan tetap mengawal proses distribusi logistik ke seluruh TPS yang ada di Kota Semarang.

Tidak hanya itu, OPD, camat, dan Pemkot juga membantu pengawasan pembersihan alat peraga kampanye di hari tenang di Kecamatan. Hal tersebut dikemukakan oleh Joko Hartono, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang, Rabu (7/2/2024).

Menurutnya, keputusan ini diambil mengingat lusa, Jumat (9/2/2024) ditetapkan sebagai cuti bersama dalam rangka menyambung hari libur Imlek, sehingga Aparatur Sipil Negara (ASN) akan menjalani libur panjang pada Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sementara, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu tetap dilakukan pada Rabu.

"Sesuai dengan tugas pemerintah daerah dalam Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk memantau kelancaran pelaksanaan Pemilu. Oleh karena itu, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat akan melaksanakan piket sesuai petunjuk dari Ibu wali kota. Adapun selama piket di hari libur dan cuti bersama tersebut, para Kepala OPD akan bertugas mengawal distribusi logistik ke seluruh TPS di Kota Semarang dan juga mengawasi pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK),” tutur Joko Hartono.

Menurutnya, dalam pelaksanaan tugasnya nanti, selama empat hari mulai Kamis (8/2/2024) sampai dengan Minggu (11/2/2024), setiap harinya sebanyak 16 kepala OPD akan didampingi camat setempat melakukan pemantauan pendistribusian logistik Pemilu.

Dengan adanya piket ini, diharapkan semua persiapan terkait Pemilu dapat berjalan lancar dan aman. Upaya-upaya tersebut menegaskan komitmen Pemkot Semarang dalam mendukung proses demokrasi dan menjaga keamanan serta kelancaran pelaksanaan Pemilu.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)