Yenny Wahid Tegaskan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Netral di Pilpres 2024

Rabu, 07 Februari 2024 - 16:05 WIB
loading...
Yenny Wahid Tegaskan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Netral di Pilpres 2024
Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid membantah pemberitaan yang menyebutkan bahwa Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mendukung Prabowo-Gibran. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Putri Presiden ke-4 RI KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid membantah pemberitaan yang menyebutkan bahwa Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, posisi ponpes Tebuireng yaitu netral.

Yenny Wahid mengatakan bahwa dirinya sudah berkomunikasi langsung dengan pengasuh ponpes tersebut yakni Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin. "Saya sudah berkomunikasi langsung dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Gus Kikin, bahwa posisi Ponpes Tebuireng saat ini adalah netral. Jadi tidak betul kalau ada yang mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng dan mengatakan mendukung paslon 02," kata Yenny Wahid di Pasuruan, Rabu (7/2/2024).

Menurutnya, Ponpes Tebuireng jelas sikapnya netral. Kalau ada keluarga Tebuireng yang mendukung paslon teretentu hal itu dipastikan sikap pribadi, tidak mengatasnamakan ponpes Tebuireng. Termasuk dirinya yang kini menjadi Dewan Penasihat TPN paslon 03 Ganjar-Mahfud.



"Kalau pribadi silakan saja. Tapi jangan mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng. Saya juga keluarga besar Ponpes Tebuireng tapi ketika beraktivitas politik di luar sana, dan sudah jelas dukungan kita di paslon 03. Saya tidak akan mengatasnamakan Ponpes Tebuireng. Karena kita menjaga marwah dan kehormatan dari Ponpes Tebuireng. Jangan dibawa-bawa ke urusan politik praktis," harapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2263 seconds (0.1#10.140)