Visi Misi Ganjar, Singgung Adab sampai Peribahasa Jawa Aja Adigang, Adigung, dan Adiguna

Minggu, 04 Februari 2024 - 21:19 WIB
loading...
Visi Misi Ganjar, Singgung Adab sampai Peribahasa Jawa Aja Adigang, Adigung, dan Adiguna
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo singgung adab dan peribahasa Jawa saat memaparkan visi misinya dalam debat kelima Pilpres 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang juga diusung Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menyinggung soal adab dalam membangun bangsa Indonesia. Pernyataan itu disampaikan Ganjar saat debat capres terakhir di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Minggu (4/4/2024).

Ganjar menyebut, dalam membangun Indonesia yang beradab dibutuhkan tiga bagian. "Membangun Indonesia yang beradab kita mulai dari tiga bagian, kita punya kepribadian dalam kebudayaan dan itu mesti masuk di dalam jiwa insan indonesia," ucapnya.

Kesehatan menurut Ganjar, menjadi bagian penting. Soal ini, Ganjar berpendapat tindakan preventif atau pencegahan lebih tepat. "Preventif adalah sesuatu yang paling bagus. Kita olahraga makan sehat dan itu akan membantu politik kesehatan kita jauh lebih baik," katanya.

Untuk mendukung itu, dirinya bersama Mahfud MD punya Program Satu Desa, Satu Fasilitas Kesehatan, Satu Tenaga Kesehatan. "Kami ingin mereka (masyarakat) mendapatkan yang terbaik dan kemudian ibu, anak, lansia, disabilitas, masyarakat adat akan mendapatkan peran yang sama di dalam layanan-layanan kesehatan dimana di daerah-daerah terisolir, mereka membutuhkan akses ini dengan sangat bagus," jelasnya.



Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, ketika infrastruktur kesehatannya sudah baik maka akan berdampak pada pendidikan dan kebudayaan. "Akses pendidikan yang baik, lebih inklusi, kemudian kurikulum yang mantap dan yentu saja fasilitas yang diberikan harus bisa memberikan akses terbaik untuk anak-anak didik kita," ujarnya.

Untuk memberikan pendidikan yang baik, lanjut Ganjar, juga harus memperhatikan nasib guru dan dosen. Ganjar kemudian menyinggung seorang aktivis perempuan bernama Kalis Mardiasih.



"Mbak Kalis namanya, menyampaikan, 'Pak Ganjar perhatikan mereka yang selama ini terpinggirkan. Ada dua yang utama yaitu kelompok perempuan dan penyandang disabilitas, tolong betul agar sekolah nanti inklusi dan mereka nanti tidak mendapatkan perlakuan diskriminatif," katanya.

Ganjar kemudian menyinggung soal buruh. Ganjar mengatakan para buruh curhat dan memintanya meninjau ulang Undang-Undang Cipta Kerja. Dia mengatakan akan memberikan upah buruh yang baik. "Tentu saja pembangunan ini harus berorientasi pada SDM. Budi pekerti yang baik, sopan, toleran, tidak adigang, adigung, dan adiguna sehingga mereka menjadi manusia yang lengkap," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2591 seconds (0.1#10.140)