Debat Kelima Pilpres 2024, Ganjar Ungkap 3 Cara Bangun Indonesia Beradab

Minggu, 04 Februari 2024 - 19:58 WIB
loading...
Debat Kelima Pilpres 2024, Ganjar Ungkap 3 Cara Bangun Indonesia Beradab
Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan tiga cara untuk membangun Indonesia beradab. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan tiga cara untuk membangun Indonesia beradab. Hal ini diungkapkan Ganjar saat menyampaikan visi-misi pada Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024).

“Membangun Indonesia yang beradab kita mulai dari tiga bagian. Kita punya kepribadian dalam kebudayaan dan itu mesti masuk di dalam jiwa insan Indonesia. Dan tentu saja kesehatan menjadi yang pertama,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan langkah preventif untuk membangun Indonesia beradab salah satunya dengan menjaga asupan nutrisi dan keseimbangan olahraga sehingga akan membantu politik kesehatan lebih baik. “Preventif adalah sesuatu yang paling bagus, kita olah raga, makan sehat dan itu akan membantu dalam politik kesehatan kita akan jauh lebih baik,” katanya.

Tentu saja, kata Ganjar, akses kesehatan yang diperlukan di setiap desa. “Kenapa, Ganjar Mahfud membuat 1 Desa satu Faskes 1 Nakes? Karena kami ingin mereka mendapatkan yang terbaik dan kemudian ibu anak lansia disabilitas masyarakat adat akan mendapatkan peran yang sama di dalam layanan-layanan kesehatan. Di mana di daerah-daerah terisolir mereka membutuhkan akses ini dengan sangat bagus,” jelasnya.

“Kalau itu semua sudah baik Bapak Ibu, maka Pendidikan dan Kebudayaan mesti kita bangun bersama-sama. Akses pendidikan yang baik lebih inklusi, kemudian kurikulum yang mantap dan tentu saja fasilitas yang diberikan harus bisa memberikan akses terbaik untuk anak-anak didik kita. Termasuk nasihat guru dan dosen,” kata Ganjar.

Ganjar pun mengatakan bahwa dua kelompok yang harus diutamakan yakni perempuan dan dan penyandang disabilitas. “Tolong betul agar sekolah makin inklusi dan mereka tidak mendapatkan perlakuan yang diskriminatif,” pungkasnya.

Sementara itu, tema yang diangkat dalam debat ini yakni pendidikan, Kesehatan, ketenagakerjaan, Kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

Diketahui, sejumlah program unggulan Capres-Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar-Mahfud juga tertera pada jaket yang dipakai Ganjar saat debat final kali ini. Jika pada debat-debat sebelumnya patch menampilkan program bertema pertahanan dan lingkungan, maka pada debat kali ini, program yang ditampilkan adalah 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana 1 Desa, 1 Faskes 1 Nakes, Bansos Pasti, Internet Gratis, dan lain sebagainya yang terkait tema debat.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)