alexametrics

Ketua PBNU: Tak Ada Kerja Sama NU-Israel!

loading...
Ketua PBNU: Tak Ada Kerja Sama NU-Israel!
Ketua PBNU Robikin Emhas menegaskan tidak ada kerja sama antara NU dan Israel. Penjelasan itu disampaikan menyikapi meme yang menyebut kerja sama NU dan Israel di media sosial. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas menegaskan NU tidak menjalin kerja sama apapun dengan Israel, baik secara program maupun kelembagaan.

Robikin menegaskan itu menyikapi beredarnya meme soal kerja sama NU dengan Israel terkait adanya undangan kepada Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya Israel Council on Foreign Relations (ICFR) di media sosial.

“Tidak ada kerja sama NU dengan Israel. Sekali lagi ditegaskan, tidak ada jalinan kerja sama program maupun kelembagaan antara NU dengan Israel,” kata Robikin melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (9/6/2018). (Baca juga: Anggota Wantimpres Diundang ke Israel, Warganet Protes)




Dia menegaskan, kedatangan Gus Yahya yang merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ke Israel, bukan untuk mewakili NU, tapi dalam kapasitas pribadi.

Dia menjelaskan, kedatangan Gus Yahya untuk memberikan dukungan pada Palestina. “Bukan dalam kapasitas sebagai Katib Aam PBNU, apalagi mewakili PBNU. Saya yakin kehadiran Gus Yahya tersebut untuk memberi dukungan dan menegaskan kepada dunia, khususnya Israel bahwa Palestina adalah negara merdeka. Bukan sebaliknya,” tuturunya.

Gus Yahya menjelaskan, setiap insan yang mencintai perdamaian mendambakan penyelesaian menyeluruh dan tuntas atas konflik Israel-Palestina. Konflik Israel-Palestina, lanjut dia, tidak disebabkan oleh faktor tunggal.

“Diperlukan semacam gagasan out of the book yang memberi harapan perdamaian bagi seluruh pihak secara adil. Boleh jadi Gus Yahya memenuhi undangan dimaksud untuk menawarkan gagasan yang memberi harapan bagi terwujudkan perdamaian di Palestina dan dunia pada umumnya,” tuturnya.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak