Kongres XVI GP Ansor, Wadah Pemuda Indonesia Perkuat Eksistensi Bangsa Maritim

Rabu, 31 Januari 2024 - 14:37 WIB
loading...
Kongres XVI GP Ansor, Wadah Pemuda Indonesia Perkuat Eksistensi Bangsa Maritim
Kepala Bidang Penataan dan Distribusi Kader PP Pemuda Katolik Capt Marcellus Hakeng Jayawibawa menyambut baik inisiasi GP Ansor yang hendak melangsungkan Kongres XVI GP Ansor yang direncanakan di atas Kapal Pelni KM Kelud, Jumat (2/2/2024). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kepala Bidang Penataan dan Distribusi Kader Pengurus Pusat Pemuda Katolik DR Capt Marcellus Hakeng Jayawibawa menyambut baik inisiasi Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) yang hendak melangsungkan Kongres XVI Gerakan Pemuda Ansor yang direncanakan di atas Kapal Pelni KM Kelud, Jumat (2/2/2024).

Menurut Hakeng yang juga pengamat maritim, pilihan menyelenggarakan kongres di kapal laut merupakan simbol nyata dari komitmen GP Ansor dalam menghidupkan warisan leluhur nusantara sebagai negeri bahari.

“Bersamaan dengan ini tertegaskan pula kapal laut bukan hanya tempat penyelenggaraan acara melainkan lambang keberanian yang diwarisi leluhur bangsa Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Selasa (30/1/2024).



Dengan begitu, keputusan tersebut mencerminkan semangat pantang menyerah yang menjadi bagian integral dari budaya dan sejarah kebangsaan.

“Dari itu kapal laut sebagai tempat kongres menjadi metafora kuat mencerminkan perjalanan hidup yang penuh tantangan di tengah terpaan ombak dan amukan badai. Sebagaimana leluhur bangsa Indonesia melewati berbagai perjalanan dan ujian, kapal laut mencerminkan semangat untuk terus maju, bahkan di tengah badai kehidupan,” ungkapnya.

Dengan memilih kapal sebagai tempat kongres, bukan hanya merayakan keberanian dan ketangguhan. “Juga mengajak seluruh kader dan peserta kongres untuk membangun semangat yang sama dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” kata pengamat maritim dari IKAL Strategic Centre (ISC) ini.

Hakeng menuturkan Kongres XVI GP Ansor di atas Kapal Pelni KM Kelud menjadi perwujudan nyata dari semangat bakti organisasi terhadap warisan leluhur nusantara.

“Dengan tema yang kuat, peta jalan yang jelas, dan pilihan tempat simbolis, GP Ansor membimbing langkahnya menuju masa depan penuh makna, menjaga keberagaman, serta memperkokoh kebangsaan Indonesia,” ujarnya.

Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) lainnya juga dapat mengambil langkah untuk mengikuti inisiatif demikian. “Dengan begitu, semangat dan kesadaran terkait kebangsaan maritim kita dapat percepat secara sah dan konsisten. Melalui partisipasi OKP lainnya dalam mengadopsi inisiatif ini, kita dapat membentuk kolaborasi yang lebih erat antarorganisasi pemuda,” kata Hakeng.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)