Jenderal Bintang 3 Aktif Pemilik Brevet Komando Kopassus, Nomor 1 Terjun dalam Operasi Mapenduma

Minggu, 28 Januari 2024 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Karena kemampuan yang dimiliki, mantan Pangdam XVIII/Kasuari itu terlibat dalam dua operasi besar TNI. Pertama, pembebasan peneliti dari Ekspedisi Lorentz 95 yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Mapenduma, Jayawijaya, Irian Jaya (Papua) pada Januari-Mei 1996. Operasi militer ini dipimpin oleh Prabowo Subianto yang saat itu menjabat sebagai Danjen Kopassus.

Kedua, Nyoman Cantiasa juga terlibat dalam operasi pembebasan awak kapal MV Sinar Kudus yang disandera oleh perompak di Somalia pada Meret-Mei 2011. Saat itu tentara kelahiran Buleleng, Bali, 26 Juni 1967 menjabat sebagai Dansat 81/Gultor Kopassus.

2. Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono, M.A

Jenderal Bintang 3 Aktif Pemilik Brevet Komando Kopassus, Nomor 1 Terjun dalam Operasi Mapenduma

FOTO/KODIKLAT TNI AD

Selanjutnya Letjen TNI Eko Margiyono, jenderal bintang 3 aktif yang memiliki Brevet Komando Kopassus. Lulusan Akmil 1989 itu saat ini menjabat sebagai Plt Gubernur sekaligus Wakil Gubernur Lemhannas.

Cukup banyak pendidikan militer yang diikuti Eko Margoyono setelah lulusan Akmil. Antara lain, Sesarcabif, Dik PARA, Dik Pandu Udara,
Dik Komando, Diklapa I, Selapa II, Seskoad, Sesko TNI, dan Lemhannas.

Sejumlah jabatan penting pernah diemban tentara kelahiran Semarang, 12 Mei 1967 itu. Sebut saja, Dan Grup A Paspampres, Danrem 061/Surya Kencana, Gubernur Akmil, Danjen Kopassus, Pangdam Jaya, Pangkostrad, Kasum TNI, Dankodiklat TNI, Wagub Lemhannas RI.

3. Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M

Jenderal Bintang 3 Aktif Pemilik Brevet Komando Kopassus, Nomor 1 Terjun dalam Operasi Mapenduma

FOTO/KODIKLAT TNI AD

Kemudian ada nama Letjen TNI Bambang Ismawan dalam daftar jenderal bintang 3 aktif yang memiliki Brevet Komando Kopassus. Lulusan Akmil 1988 ini menjabat sebagai Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia (Kasum TNI).

Setelah lulus Akmil, Bambang mengikuti sejumlah pendidikan militer. Yakni Sesarcabif, Komando, Dik PARA, Dik PARA Utama, Diklapa I, Diklapa II, Seskoad, Sesko TNI, dan Lemhannas.

Sebelum menjadi Kasum TNI, Bambang Ismawan pernah mengemban jabatan strategis lain di militer. Antar lain Danrem 012/Teuku Umar, Kasdam V/Brawijaya, Pangdam XVI Pattimura, dan Dankodiklat TNI.

4. Letnan Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon, S.H., M.M

Jenderal Bintang 3 Aktif Pemilik Brevet Komando Kopassus, Nomor 1 Terjun dalam Operasi Mapenduma

FOTO/TNI AD

Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon juga masuk dalam daftar jenderal bintang 3 aktif yang memiliki Brevet Komando Kopassus. Abituren Akmil 1992 ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Setelah lulus Akmil, Richard Taruli Tampubolon mengikuti beberapa pendidikan militer, yakni Sesarcabif, Dik PARA, Dik PARA Utama, Dik Free Fall, Dik Komando, Dik Pandu Udara, Diklapa I, Diklapa II, dan Seskoad Dikreg XLV. Itulah mengapa Richard mengoleksi beberapa brevet, salah satunya Komando Kopassus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3006 seconds (0.1#10.140)