Jenderal Bintang 3 Aktif Pemilik Brevet Komando Kopassus, Nomor 1 Terjun dalam Operasi Mapenduma

Minggu, 28 Januari 2024 - 05:00 WIB
loading...
Jenderal Bintang 3 Aktif Pemilik Brevet Komando Kopassus, Nomor 1 Terjun dalam Operasi Mapenduma
Sejumlah jenderal bintang 3 yang aktif saat ini memiliki Brevet Komando Kopassus. Salah satu di antaranya merupakan peraih Bintang Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akmil 1990. FOTO/DOK.TNI
A A A
JAKARTA - Sejumlah jenderal bintang 3 yang aktif saat ini memiliki Brevet Komando Kopassus . Salah satu di antaranya merupakan peraih Bintang Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1990.

Jenderal bintang 3 merupakan istilah bagi Perwira Tinggi (Pati) yang menyandang pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI dan Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol). Pangkat ini diketahui dari tanda bintang di pundak seragamnya.

Sementara Brevet Komando Kopassus adalah atribut yang diberikan kepada mereka yang telah lulus dari pendidikan Komando di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat. Atribut itu berupa lencana yang dipasang di dada kiri seragam militer.



Prajurit yang memiliki Brevet Komando Kopassus bukanlah orang sembarangan. Sebab, mereka telah digembleng selama 7 bulan yang dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama, pendidikan basis selama 18 minggu. Peserta dilatih dengan Uji Keterampilan Komando (UKK) dan tes psikologi khusus untuk membentuk karakter prajurit, sehingga mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat meski dalam situasi tertekan.

Selanjutnya Tahap Kedua, peserta dilepas di hutan dan pegunungan. Tahap ini merupakan praktik dari semua teknik dan taktik yang telah diberikan selama pendidikan basis. Mereka harus mampu bertahan di segala macam medan dan cuaca ekstrem selama latihan yang berlangsung selama 6 minggu. Tahap ini diakhiri dengan long march tanpa henti dari Bandung, Jawa Barat ke Cilacap, Jawa Tengah sejauh 455 km.

Terakhir Tahap Rawa Laut yang berlangsung selama 4 minggu. Para peserta pendidikan Komando dilatih menghadapi tantangan di medan rawa dan laut. Mereka harus berjibaku dengan pasang surut air laut, lumpur hidup di rawa, dan sungai lebar.

Lalu siapa saja jenderal bintang 3 aktif saat ini yang memiliki Brevet Komando Kopassus? Berikut ini daftarnya:

1. Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)

Jenderal Bintang 3 Aktif Pemilik Brevet Komando Kopassus, Nomor 1 Terjun dalam Operasi Mapenduma

FOTO/TANGKAPAN LAYAR MEDIA SOSIAL

Jenderal bintang 3 aktif pertama yang memiliki Brevet Komando Kopassus adalah Letjen TNI I Nyoman Cantiasa. Peraih Bintang Adhi Makayasa Akmil 1990 itu saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

I Nyoman Cantiasa mengikuti sejumlah pendidikan militer setelah lulus dari Akmil. Antara lain Sesarcab Inf, Komando, Suslapa I, Suslapa II, Free Fall, Penggulangan Teror (Gultor), Suspa Intel Analis, Seskoad, Sesko TNI, dan Lemhannas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)