Hasto: Ada Menteri PDIP Siap Angkat Koper dari Kabinet Jokowi tapi Ditahan Megawati demi Stabilitas

Selasa, 23 Januari 2024 - 20:08 WIB
loading...
Hasto: Ada Menteri PDIP Siap Angkat Koper dari Kabinet Jokowi tapi Ditahan Megawati demi Stabilitas
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, bahwa ada menteri dari PDIP siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Jokowi. Foto/MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Sekjen DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkap ada menteri dari PDIP siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) . Hal itu berkaitan dengan situasi politik di tengah Pemilu 2024.

Kendati demikian, niat mundur itu harus urung dilakukan lantaran ditahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut Hasto, Megawati tidak menginginkan ada gangguan pada stabilitas pemerintahan.

"Jadi meskipun ada yang pernah mengatakan 'kami siap angkat koper', tapi buat Ibu (Megawati) stabilitas pemerintahan itu kan sangat penting," kata Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2024).



Sebaliknya, menurut Hasto, Megawati menginginkan menteri dari PDIP harus melihat kepentingan bangsa dan negara. Sehingga, kata dia, kerja nyata terhadap rakyat tidak boleh terganggu hanya karena kontestasi Pemilu.

"Karena ujung-ujungnya kan rakyat. Pemilu itu kan sudah biasa kita ikuti, setiap lima tahun. Sehingga yang penting adalah bagaimana meningkatkan kualitas Pemilu itu," ungkapnya.

"Menteri bertanggung jawab kepada rakyat, bangsa dan negara sebagai pembantu Presiden. Kepentingan rakyat akan diutamakan," tegas dia.

Hasto mencontohkan era kepemimpinan Presiden Kedua, Soeharto yang terganggu stabilitas pemerintahannya usai terdapat menteri yang mundur. Ia menyebut bahwa situasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

"Misalnya kita lihat zamannya Pak Harto ada menteri yang mengundurkan diri kemudian menyebabkan Pak Harto juga harus mundur, kan kemudian goncangan politik," katanya.

"Kalau ada pihak-pihak yang memanfaatkan kegoncangan politik itu? PDI Perjuangan lebih memetingkankan kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Bukan sekadar ambisi per orang," tandasnya.

Sebelumnya, Hasto sempat mengaku mendengar kabar ada menteri yang merasa tidak nyaman ketika menghadapi persaingan politik di masa-masa Pemilu 2024. Namun, dipastikan Hasto, para menteri dari PDIP akan tetap bekerja secara maksimal demi rakyat.

"Kita lihat memang ada ketidaknyamanan dalam kabinet saat ini," ungkap Hasto ketika ditanya awak media usai membuka Rakerda PDIP Sulawesi Utara di Manado, Sabtu (20/1/2024).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)