Semangat Kemerdekaan, PDIP Minta Cakada Bekerja untuk Wong Cilik

Selasa, 11 Agustus 2020 - 21:11 WIB
loading...
Semangat Kemerdekaan, PDIP Minta Cakada Bekerja untuk Wong Cilik
Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP mengumumkan 75 calon kepala daerah (cakada) yang akan bertarung di Pilkada Serentak 2020, di Jakarta, Selasa (11/8/2020). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan 75 calon kepala daerah (cakada) yang akan bertarung di Pilkada Serentak 2020, di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

(Baca juga: Sebut Sumut Banyak Korupsi, Ini Pesan Megawati untuk Menantu Jokowi)

Jumlah cakada serta momentum yang berdekatan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) RI sengaja digunakan agar para calon kepala daerah yang maju di Pilkada memiliki semangat mengabdi dan memerdekakan wong cilik.

(Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin: Birokrasi Harus Proaktif Mengatasi Permasalahan)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam acara Pengumuman Tahap ke-3 Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pilkada Serentak 2020 mengatakan, momentum HUT RI ke-75 ini pihaknya mengajak seluruh elemen bangsa kembali menggali inspirasi dari pernyataan Bung Karno.

Pernyataan Bung Karno itu sebelum membacakan teks proklamasi yang menyatakan, bahwasanya hanya bangsa yang berani meletakkan nasib bangsa dan tanah airnya di tangan sendiri akan menjadi bangsa kuat.

"Oleh karena itu, semangat kemerdekaan Indonesia tidak hanya mengandung semangat pembebasan dan rasa cinta tanah air, tetapi juga mengandung semangat mewujudkan cita-cita negara berdaulat dan berdikari, berdiri di atas kaki sendiri," kata Hasto.

Hasto mengatakan, ini adalah kali ketiga PDIP mengumumkan pasangan calon kepala daerag yang akan bertarung di Pilkada 2020. Dalam gelombang pertama, 19 Februari 2020 lalu, PDIP telah umumkan 49 pasangan calon. Pada gelombang kedua, 17 Juli 2020, diumumkan sebanyak 45 pasangan calon.

Sementara hari ini ada 75 pasangan calon. "45 adalah angka simbolik tahun kemerdekaan Indonesia. Sementara hari ini diumumkan 75 pasangan calon yang menunjukkan 75 tahun Indonesia merdeka. Sehingga seluruh calon kepala daerah harus menggunakan semangat pembebasan tersebut bagi kepentingan wong cilik," ucap Hasto.

Selain mengambil momentum kemerdekaan dan peringatan HUT RI ke-75, pengumuman calon kepala daerah gelombang ke 3 ini juga akan disertai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri terkait upaya seluruh elemen bangsa dalam bergotong royong menangani pandemi Corona (Covid-19).

"Kita juga tahu seluruh tahapan Pilkada dilaksanakan di tengah pandemi covid-19. Karena itu seluruh calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah akan menerima langsung arahan dan intruksi dari ketua umum PDIP Ibu Megawati Sukarnoputri," ucap Hasto.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)